Harga Gambir di Pessel Tembus Rp30.000 Per Kilogram

Penulis: Ramono Aryo

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Harga getah gambir di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) saat ini berada dikisaran Rp28 ribu per kilogram

Painan, Padangkita.com – Harga getah gambir di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) saat ini berada dikisaran Rp28 ribu per kilogram. Sebelumnya gambir dengan kadar air 15 persen hanya dihargai sebesar Rp13 ribu per kilogram.

Syafrigon, 45 tahun, petani gambir di Kecamatan Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang mengatakan naiknya harga gambir membuat petani mulai bergairah.

“Kondisi ini tentu membuat kami senang dan juga berharap harga ini bisa terus membaik,” katanya dilansir situs pemkab, Kamis (25/2/2021).

Ia menambahkan kenaikan harga getah gambir itu mulai dirasakan petani sejak awal Januari 2021.

“Awal Januari 2021, harga getah gambir naik dari Rp13 ribu per kilogram menjadi Rp15 ribu. Hal itu terus meningkat dari minggu ke minggu pada angka Rp 17 ribu, Rp 19 ribu, Rp 23 ribu. Bahkan pekan lalu, sempat menembus Rp 30 ribu, dan sekarang turun lagi menjadi Rp 28 ribu,” tambahnya.

Hal yang sama juga dirasakan Mardis, 54 tahun, petani gambir lainya di Nagari Surantiah Kecamatan Sutera.

Dirinya mengakui dengan naiknya harga getah gambir di daerah itu, sangat membantunya dalam memulihkan ekonomi keluarga. Apalagi sekarang masih masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Saya merasa senang dengan kenaikan harga ini karena bisa memulihkan perekonomian keluarga dan petani gambir secara umumnya di Pessel,” ujarnya.

Ditambahkan Mardis lagi bahwa puncak kejayaan sebagai petani gambir pernah dia rasakan sekitar empat setengah tahun lalu. Saat itu harga 1 kilogram gambir sempat menembus Rp 90 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Azral, mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap kebutuhan dan perkembangan pasar, terutama getah gambir di daerah itu.

“Kenaikan harga yang terus terjadi hingga berada pada posisi Rp38 ribu di tingkat petani di daerah itu, memang karena tingginya permintaan konsumen dari luar nageri,” katanya.

Baca Juga: Petani Durian di Pessel Keluhkan Harga yang Murah Dipatok Pengepul, Cuma Rp17 Ribu Per Buah 

Dijelaskan juga bahwa pihaknya akan terus memberikan penyuluhan kepada petani gambir agar selalu meningkatkan kualitas hasil panen. [*/abe]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist