Harga Cabai Tak ‘Pedas’ lagi, tapi Pendapatan Pedagang Justru Merosot

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com  Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Padang sempat menyentuh angka Rp100.000 per kilogram. Namun, sejak dua pekan terakhir, harga cabai merah terus turun.

Di Pasar Raya Padang, Rabu (21/9/2022), pedagang telah menjual cabai merah dengan kisaran harga Rp55.000 hingga Rp60.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang cabai, Rahmad mengatakan, harga cabai merah dalam dua pekan belakangan memang terus turun.

“Mulai hari ini, harga cabai merah lokal Rp55.000 dan cabai merah jawa Rp60.000. Sebelumnya, harga cabai Rp65.000 hingga Rp70.000 per kilogram,” ungkap Rahmad, Rabu (21/9/2022).

Ia menjelaskan, pasokan cabai saat ini juga banyak, hanya saja pendapatan pedagang yang kian merosot.

“Cabai banyak, tetapi pembeli sepi,” ujar Rahmad.

Begitu juga, lanjut dia, meskipun harga cabai merah sudah mulai berangsur-angsur turun, namun omzet pedagang tidak naik.

“Pendapatan tidak kunjung meningkat, bahkan saat ini tambah sepi. Pembeli yang biasanya membeli satu kilogram sekarang menjadi setengah kilogram,” kata Rahmad.

Diketahui, sejak beberapa hari belakangan pemerintah memang gencar melakukan intervensi pasar, terutama untuk menekan harga pangan yang melonjak.

Baca juga: Dampak Kenaikan BBM, Harga Cabai dan Beras Melonjak di Tanah Datar  

Sumatra Barat (Sumbar) sendiri termasuk salah satu provinsi dengan tingkat inflasi tertinggi di Indonesia. Untuk mengendalikan inflasi dan dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), pemerintah daerah makin sering melaksanakan pasar murah atau bazar. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist