Hamdani Ungkap Tugas Utama Sebagai Penjabat Gubernur Sumbar Selama 20 Hari

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Hamdani, putra Minang asal Pesisir Selatan (Pessel) resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar.

Padang, Padangkita.com – Hamdani, putra Minang asal Pesisir Selatan (Pessel) telah resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) setelah dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, Kamis (18/9/2021) pagi.

Hamdani dilantik sebagai Pj Gubernur guna mengemban fungsi dan tugas sebagai orang nomor satu di Sumbar menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih dalam Pilgub 2020.

Sebelum pelantikan Hamdani, Mendagri Tito Karnavian menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumbar Alwis sebagai Pelaksana harian (Plh) Gubernur Sumbar.

Seusai dilantik, Hamdani yang sebelumnya menjabat sebagai Plh Sekjen Kemendagri dan Staf Ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Pembangunan itu pun kemudian bertolak dari Jakarta menuju Sumbar.

Hamdani menyebutkan, selama sebagai Pj, ia akan mengemban tugas Gubernur Sumbar sebaik mungkin dan menjamin roda pemerintahan di Sumbar tetap berjalan baik.

Untuk tugas utamanya saat menjabat, kata Hamdani, ia akan melantik para Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota yang terpilih dalam Pilkada 2020 pada 26 Februari 2021 mendatang.

Selain itu, kata Hamdani, ia juga akan lebih fokus menangani Covid-19 di Sumbar serta pelaksanaan vaksinasi. “Saya sebagai Pj Gubernur hingga pelantikan gubernur terpilih paling lama sekitar 15 hingga 20 hari,” kata Hamdani di Istana Gubernur sumbar, Kamis (18/2/2021) malam.

Menurut Hamdani, Pj Gubernur memiliki wewenang dan tanggung jawab yang sama dengan Gubernur. Dengan demikian, ia meminta dukungan kepada masyarakat Sumbar agar bisa menengemban tanggung jawab sebagai Pj Gubernur Sumbar dengan baik.

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian Lantik Hamdani Sebagai Pj Gubernur Sumbar

Perlu diketahui, besok, KPU Sumbar akan melakukan sidang pleno untuk penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih, Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldi di Hotel Grand Inna Muara. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist