Guru Besar Unand Hairul Abral Masuk Daftar Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Guru Besar Teknik Mesin Universitas Andalas (Unand) Hairul Abral Masuk daftar ilmuwan paling berpengaruh di dunia, Top 2% World Ranking Scientists 2021.

Daftar itu dipublikasikan Stanford University dan Elseiver BV.

Rektor Unand Yuliandri mangatakan, Hairul Abral memiliki pengaruh di internasional lewat karya tulis ilmiah yang sudah dipublikasikan di jurnal bereputasi internasional.

“Masuknya peneliti Unand ke dalam Top 2% World Rangking Scientist 2021 membuktikan bahwa peneliti Unand diakui secara internasional dengan publikasi yang banyak disitasi oleh para peneliti lain di berbagai belahan dunia,” kata Yuliandri, Jumat (29/1/20210).

Dalam daftar ilmuwan paling berpengaruh tersebut, terdapat 58 ilmuwan Indonesia yang berasal dari berbagai lembaga riset dan perguruan tinggi.

Pemeringkatan Top 2% World Rangking Scientist 2021 dibuat berdasarkan beberapa parameter, jumlah publikasi hingga akhir 2019, menerbitkan setidaknya 5 makalah hingga akhir 2019, jumlah sitasi, h-index, hm-index yang disesuaikan dengan penulisan bersama, dan sitasi untuk makalah di posisi penulisan yang berbeda.

Yuliandri menyebutkan capaian ini membuktikan bahwa peneliti Unand memiliki reputasi di tingkat internasional.

Ia menyatakan pihaknya terus mendorong para peneliti agar terus giat melakukan publikasi dalam berbagai jurnal internasional melalui berbagai program.

Baca juga: Ini 17 Nama Majelis Wali Amanat Unand 2021-2026 yang Diusulkan ke Mendikbudristek

“Capaian yang diraih diharapkan mampu menginspirasi dan memacu semangat para peneliti lainnya di Universitas Andalas untuk dapat berprestasi, termasuk dalam pemeringkatan ini kedepannya,” tandasnya. (den/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist