Guncangan 2 Gempa Nias Selatan Terasa hingga ke Sumbar

Padang, Padangkita.com – Dua gempa mengguncang Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara, Senin (14/3/2022) pagi.

Dilihat di situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa pertama terjadi pada pukul 04.09 WIB dengan magnitudo 6,9. Pusatnya yaitu 161 kilometer tenggara Nias Selatan.

Sedangkan gempa kedua terjadi pada pukul 04.38 WIB dengan magnitudo 6. Pusatnya 159 kilometer tenggara Nias Selatan.

Gempa pertama terjadi pada kedalaman 25 kilometer dengan titik koordinat gempa 0,71 Lintang Selatan dan 98,50 Bujur Timur.

Sementara gempa kedua terjadi pada kedalaman 26 kilometer dengan titik koordinat 0.66 Lintang Selatan 98.45 Bujur Timur.

Pusat kedua gempa sama-sama di laut. Kedua gempa terasa hingga ke sejumlah kabupaten/kota di Sumbar.

Gempa pertama terasa di Padang dengan skala IV MMI, kemudian Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tua Pejat, Pariaman dengan skala III MMI, lalu Dhamasraya, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, dan Solok dengan skala II MMI.

Sedangkan gempa kedua terasa hingga ke Padang dengan skala III MMI, lalu, Padang Panjang dan Pariaman dengan skala II MMI.

Sebagai informasi, skala IV MMI berarti jika gempa terjadi pada siang hari, maka dapat dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Baca Juga: Gempa M 6,9 Guncang Nias Selatan, Terasa hingga ke Padang

Sementara, III MMI berarti getaran getaran seakan-akan ada truk berlalu, dan II MMI yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist