Gudang Dinas Pertanian Sumbar Terbakar, 3 Motor dan Arsip beserta Bahan Kimia Ludes

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Gudang milik Dinas Pertanian Sumatra Barat (Sumbar) di Jalan Flamboyan, Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, terbakar Kamis (5/8/2021) sore.

Gudang yang merupakan satu bangunan dengan empat ruangan itu ludes terbakar beserta isinya. Beruntung api yang diketahui sekitar pukul 15.05 WIB dapat segera dipadamkan oleh petugas sehingga tak merambat ke bangunan lain.

“Satu jam pemadaman api sudah bisa kami padamkan, sekarang tangah pendinginan,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Dedi Henidal di lokasi kejadian, pukul 15.54 WIB.

Dedi mengungkapkan, pihaknya menerjunkan enam unit armada dari Markas Komando untuk memadamkan api. Tidak ada kendala berarti selama pemadaman api, namun banyaknya kertas serta bahan kimia cukup memperlambat padamnya api.

“Untuk penyebab, kronologi dan total kerugiannya kami serahkan sepenuhnya kepada pihak polisi untuk menyelidikinya,” ucapnya.

Sementara itu, Kanit III SPKT Polresta Padang Ipda Dwi jatmiko di lokasi mengatakan, saat ini pihaknya masih menyelidi penyebab kebakaran itu. Menurut dia, dalam gudang itu tidak ada aliran listrik sehingga tidak mungkin disebabkan oleh korsleting listrik.

Ia menyebutkan, selain bangunan, yang terbakar di gudang tersebut yakni tumpukan berkas dan arsip dokumen milik Dinas Pertanian Sumbar dan sejumlah bahan kimia berupa pestisida dan tiga motor.

“Untuk kerugina kami juga masih mendata dan akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Sumbar,” pungkasnya.

Ia menambahkan, lokasi kebakaran tepat berada di kompleks rumah dinas pemerintahan dan Polri.

Baca juga: Sumbar Dinilai Tak Patuh Pakai Masker, Mahyeldi: Di Jakarta Saya Juga Ketemu Orang Tak Pakai Masker

“Dindingnya tepat bersebelahan dengan rumah Sekda Provinsi, masjid, dan juga rumah dinas Polri,” ulasnya. [mfz/pkt]

Terpopuler