Gubernur Sumbar Janjikan Haji, Rumah dan Toko untuk Juara I STQH 2021

Penulis: Redaksi

Bukittinggi, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menjanjikan hadiah bagi kafilah Sumbar yang berhasil menjadi juara I Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) tingkat nasional.

Tak tanggung-tanggung, hadiah yang disiapkan berupa naik haji gratis, rumah dan beberapa petak toko.

“Ini sudah komitmen saya sejak menjadi Wali Kota Padang. Sekarang setelah menjabat sebagai Gubernur, akan kita lanjutkan. Para qari dan qariah yang juara nanti juga akan kita tempatkan di Masjid Raya yang ada di Sumbar sehingga bisa menjadi panutan bagi generasi selanjutnya,” kata Mahyeldi saat memberi pembekalan sekaligus arahan kepada kafilah Sumbar untuk STQH Nasional XXVI di Bukittinggi, Kamis (7/10/2021).

Gubernur menyebut bonus dan hadiah bagi juara I STQH tersebut wajar diberikan karena untuk olahraga juga diberikan banyak bonus. Terlebih, Sumbar adalah provinsi yang berfalsafah “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.

“Falsafah itu juga masuk dalam visi misi gubernur yang diimplementasikan dalam RPJMD 2021-2026,” ujarnya.

Gubernur juga menjanjikan bonus bagi juara II dan III yang dipastikan akan lebih besar dari bonus atlet cabang olahraga. Karena itu ia meminta seluruh kafilah untuk bisa menjaga kesehatan dan fokus saat pertandingan agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

“Jaga juga nama baik Sumbar selama bertanding. Hormati adat budaya setempat. Jaga kesopanan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Syaifullah mengatakan peserta mengikuti tiga kali TC (training camp) atau pmusatan latihan untuk mematangkan persiapan. TC yang digelar 23-26 September 2021 adalah TC yang kedua. Sementara TC ketiga direncanakan pada 3-7 Oktober 2021.

Kafilah Sumbar untuk STQH 2021 terdiri dari 20 orang yang akan berlaga pada empat cabang dan 10 golongan. Cabang pertama Tilawah terdiri dari golongan dewasa putra putri dan anak-anak putra putri.

Cabang Tahfidz ada lima kelas: tahfiz 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 30 juz, masing-masing putra putri. Cabang Tafsir bahasa Arab putra putri dan cabang Hadis terdiri dari dua kelas: 100 hadis pakai sanad dan 500 hadis tanpa sanad putra putri.

“Direncanakan kafilah Sumbar akan bertolak ke Maluku Utara pada 13 Oktober 2021,” katanya.

Baca juga: Sumbar Dinilai Tak Patuh Pakai Masker, Mahyeldi: Di Jakarta Saya Juga Ketemu Orang Tak Pakai Masker

Dalam acara itu hadir Kepala Kantor Wilayah Sumbar Syamsuir, Ketua LPTQ Sumbar Muhammad Ridho serta para kafilah STQH. [*/pkt]

Terpopuler