Gubernur Mahyeldi Bangga, Tim OSN Sumbar Berhasil Raih 7 Medali OSN 2023

Gubernur Mahyeldi Bangga, Tim OSN Sumbar Berhasil Raih 7 Medali OSN 2023

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. [Foto: Dok. Biro Adpim Sumbar]

Padang, Padangkita.com Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah mengaku bangga atas capaian Tim Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA Sumbar yang berlomba pada ajang OSN 2023 di Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada 27 Agustus - 1 September 2023.

Dari 9 bidang studi yang diperlombakan, tim OSN SMA/MA Sumbar meraih 7 medali, salah satunya adalah medali emas.

"Alhamdulillah, prestasi ini membuktikan bahwa kualitas pelajar di Sumbar tidak kalah dibanding daerah lainnya di Indonesia, kita patut berbangga dengan itu," kata Gubernur Mahyeldi, di Padang (2/9/2023).

Gubernur menyebut, pihaknya sangat serius dalam pengembangan sektor Pendidikan. Bahkan hal itu secara jelas dituangkannya kedalam program unggulan provinsi.

Ia mengaku, saat ini yang menjadi fokus utamanya adalah pemerataan akses, ketersediaan infrastruktur, dan peningkatan kualitas baik pengajar maupun siswa pada jenjang SMK dan SMA/MA. Mahyeldi juga menegaskan soal kenapa pihaknya hanya SMA/SMK/MA. Sebab, kata Mahyeldi, hal ini sesuai dengan kewenangan Pemerintah Provinsi.

Untuk menyukseskan program unggulan ‘Sumbar Cerdas’, pada tahun 2023, Pemprov Sumbar telah menganggarkan sebesar Rp12 miliar untuk tunjangan khusus guru di daerah 3T, dan memberikan beasiswa untuk 16.796 siswa ekonomi kurang mampu, membangun 5 unit sekolah baru, 120 unit bangunan dan rehab ruang kelas baru dari 2021 sampai 2023.

“Tujuannya agar ada pemerataan akses dan kualitas," tegas Gubernur Mahyeldi.

OSN merupakan ajang kompetisi tingkat nasional bagi para peserta didik SD/MI, SMP/MTs dan SMA/ MA serta Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) pada bidang sains. Pada tahun ini, total jumlah peserta OSN jenjang SMA/MA sebanyak 287.880 orang,.

Dari jumlah itu tersisa sebanyak 900 orang yang berhak mengikuti lomba tingkat nasional di Kota Bogor. Sedangkan bidang studi yang dilombakan sebanyak 9 bidang, yakni Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Berdasarkan pengumuman pemenang lomba OSN 2023 tingkat SMA/MA yang disampaikan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi, dari 9 bidang studi yang diperlombakan tercatat 7 orang siswa perwakilan tim OSN Provinsi Sumbar berhasil meraih medali.

Rinciannya, medali emas pada bidang Fisika diraih oleh Zahran Nizar Fadlan (SMAN 1 Padang), medali perak pada bidang Ekonomi diraih oleh Muhammad Faiz Ihsan Zain (MAN IC Padang Pariaman).

Selanjutya, 5 siswa tim OSN Sumbar meraih medali perunggu yakni, Auriel Erich Ibrahim Nasution (SMAN 1 Padang) pada bidang Matematika,  Aryagani Manggala Athaseno (SMAN 1 Padang) pada bidang Biologi, dan Daffa Asrof Rozaan (MAN IC Padang Pariaman) pada bidang Astronomi.

Kemudian, Bermulya Anugerah Putra (MAN IC Padang Pariaman) pada bidang Informatika, dan Muhammad Fadhlan Hakim (SMAN 3 Batusangkar) pada bidang Geografi.

Meskipun Tim OSN Sumbar belum berhasil meraih juara umum pada ajang tersebut, Gubernur Mahyeldi mengaku bangga dan mengapresiasi capaian tersebut. Bahkan sebagai bentuk apresiasinya, ia memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar beserta para Kepala Sekolah Siswa berprestasi tersebut untuk menyambut langsung kepulangan tim OSN Provinsi Sumbar di Bandara Internasional Minangkabau.

"Sebagai bentuk apresiasi, saya perintahkan Kadis Pendidikan Sumbar bersama para kepala sekolah menyambut remaja hebat Sumbar ini di bandara," kata Mahyeldi.

Baca juga: Ini Daftar Siswa SMA/MA Sumatra Barat Peraih 7 Medali OSN 2023

Diketahui para pemenang lomba OSN 2023 tersebut nantinya akan mewakili Indonesia pada olimpiade tingkat internasional. Sebelum itu, mereka akan mengikuti tiga tahapan pembinaan yang nantinya akan dikoordinasi oleh Kemendikbudristek. [*/adpsb]

Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Iklan

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Padangkita.com tidak terlibat dalam pembuatan konten ini.

Baca Juga

Berhasil Kendalikan Fluktuasi Harga Kebutuhan Pokok, Andre Rosiade Apresiasi Kemendag
Berhasil Kendalikan Fluktuasi Harga Kebutuhan Pokok, Andre Rosiade Apresiasi Kemendag
Perantau Minang di Palu Bangun Rumah Gadang Senilai Rp3 Miliar
Perantau Minang di Palu Bangun Rumah Gadang Senilai Rp3 Miliar
Mahyeldi Terima Penghargaan Gubernur Berkinerja Sangat Luar Biasa Membangun Daerah Tertinggal
Mahyeldi Terima Penghargaan Gubernur Berkinerja Sangat Luar Biasa Membangun Daerah Tertinggal
Kriminal
Kesal Ditagih Utang, Pria di Dharmasraya Habisi Nyawa Tetangga dengan Sadis
Dua Titik Karhutla Terjadi di Dharmasraya, Polres Selidiki Unsur Kesengajaan
Dua Titik Karhutla Terjadi di Dharmasraya, Polres Selidiki Unsur Kesengajaan
Andre Rosiade Serahkan Bantuan Ambulans untuk Masjid Baiturrahman Lubuk Begalung Padang
Andre Rosiade Serahkan Bantuan Ambulans untuk Masjid Baiturrahman Lubuk Begalung Padang