Berita

Gondar City dan Kota Padang Jajaki Kerja Sama

×

Gondar City dan Kota Padang Jajaki Kerja Sama

Sebarkan artikel ini

Padang, Padangkita.comKota Gondar City, Ethiopia, membuka peluang kerja sama dengan Kota Padang, Indonesia. Penjajakan kerjasama dilakukan selama tiga hari ke depan, mulai 25 hingga 27 Oktober 2023.

Keseriusan kerjasama ini ditandai dengan kedatangan Wali Kota Gondar City, Bayuh Abuhay Kibret beserta rombongan di Kota Padang pada Rabu (25/10/2023) siang.

Kedatangan tersebut disambut Sekdako Padang Andree Algamar di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Sekda Andree menyambut baik kedatangan rombongan dari Gondar City.

Menurutnya, ada lima peluang kerjasama yang dapat dijajaki, yakni Pembangunan perkotaan, Pariwisata dan investasi, Pendidikan dan kesehatan, Pengembangan lingkungan, serta Pengembangan kapasitas SDM. Jika kerjasama ini terjalin erat, kedua daerah dipastikan akan menjadi “sister city”.

“Tentu saja tawaran kerjasama dari Gondar City sangat sayang jika tidak ditanggapi secara positif, apalagi kota Gondar pernah menjadi ibukota Ethiopia selama kurun waktu 250 tahun, sebuah apresiasi tentunya bagi kita,” kata Andree.

Rombongan dari Gondar City akan mempresentasikan tawaran kerjasama dengan Kota Padang pada Kamis (26/10/2023) esok. Paparan tawaran kerjasama dilakukan di Rumah Dinas Wali Kota Padang. Selain itu, rombongan juga akan mendatangi PT Semen Padang.

Untuk diketahui, Gondar City adalah kota di Ethiopia yang terletak di wilayah Amhara. Kota ini merupakan ibu kota bekas Kerajaan Gondar yang berdiri pada abad ke-17.

Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya karena pernah menjadi ibu kota Ethiopia selama 250 tahun, dari tahun 1632 hingga 1889.

Baca Juga: Padang dan Hildesheim Jajaki Kerja sama Sister City Bidang Pendidikan

Gondar City merupakan salah satu kota wisata paling populer di Ethiopia karena memiliki kekayaan sejarah, budaya, dan alam. [*/hdp]

Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.