Genius Umar Diundang Khusus Konjen Amerika Serikat untuk Sumatera, Ikuti Seminar Economic Coorporation

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota Pariaman, Genius Umar diundang khusus oleh Konsulat Jenderal (Konjen) AS untuk Sumatera, Gordon Church, hadiri US – Indonesia Seminar Economic Coorporation di Batam, tepatnya Aula Engku Hamidah Lantai 4, Kantor Walikota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (19/10/2022).

Seminar ini, diselenggarakan oleh Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera, bekerja sama dengan pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Program sehari ini berfokus pada menginformasikan peserta tentang berbagai fasilitas promosi perdagangan dan pembiayaan yang ditawarkan oleh Amerika Serikat untuk memperkuat hubungan bisnis US dan Indonesia .

Konjen AS untuk Sumatera, Gordon Church menyampaikan bahwa perdagangan dua arah antara Amerika Serikat dan Kepulauan Riau mencapai lebih dari USD 3 miliar tahun lalu, serta perusahaan-perusahaan AS di Zona Perdagangan Bebas Batam, berkontribusi pada perekonomian daerah dengan mempekerjakan lebih dari 10.000 penduduk yang ada di Kepulauan Riau.

“Seminar ini ditujukan untuk meningkatkan hubungan bilateral, terkhusus dalam bidang ekonomi, karena besarnya potensi kerjasama dibidang ekonomi dengan bentuk investasi usaha maupun sumber daya manusia yang dihasilkan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia mengatakan mengundang secara khusus Wali Kota Pariaman, Genius Umar, untuk datang pada acara seminar kerjasama US-Indonesia dengan tema Economic Coorporation ini. Genius diundang, sebagai salah satu bentuk nyata, kerjasama US – Indonesia, dengan menjadi salah satu Alumni IVLP (International Visitor Leadership Program) di Amerika Serikat.

Genius dan Gordon melakukan pembicaraan secara intensif, terkait kemungkinan dan potensi investasi sektor pariwisata di Kota Pariaman. Sebelumnya Gordon bertemu dengan Genius Umar ketika melakukan kunjungan kerja di Sumatera Barat, Februari 2022 yang lalu di Kota Padang.

“Potensi yang dimiliki oleh Kota Pariaman sangat besar untuk dikembangkan, apalagi Pantai Pariaman sama indahnya dengan Pantai di Hawai, di Amerika Serikat. Kita juga mendiskusikan beberapa hal, dimana kita bisa mengembangkan kerjasama mulai dari bidang pariwisata, kebudayaan dan ekonomi,” tutupnya.

Sementara itu Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyatakan bahwa undangan ini, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi dirinya dan juga pemerintah Kota Pariaman, karena nantinya akan meningkatkan kerjasama antara Pemko Pariaman dengan Amerika Serikat.

“Saya merasa bersyukur dengan diundangnya saya secara khusus untuk hadir pada Seminar Economic Coorporation yang digelar Konsul US ini, karena nantinya akan terjalin kerjasama ekonomi cukup luas terbuka, dan ini kita di pemko Pariaman telah memulai dengan mengirimkan pegawai untuk pelatihan dan bersekolah di Amerika Serikat,” ungkapnya.

Genius menuturkan bahwa Kota Pariaman adalah kota tujuan wisata di Sumatera Barat bahkan regional Sumatera, karena itu, kita nanti bisa menyusun bagaimana pemerintah US maupun swasta nya, mau untuk berinvestasi untuk membangun kawasan wisata di Kota Pariaman, ucapnya.

“Karena itu, peran dari Konjen US untuk Sumatera sangat luar biasa untuk mengembangkan kerjasama bidang pariwisata, budaya dan ekonomi, serta investasi, dan kita membuka peluang seluas-luasnya untuk itu,” tukasnya.

Lebih lanjut, Genius menyatakan dibalik keterbatasan anggaran yang ada, dirinya terus mencari peluang terbaik, untuk mencari sponsor dan kerjasama dengan berbagai pihak, demi kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat Kota Pariaman. Ulasnya mengakhiri.

Pada Seminar ini, Konjen US juga membicarakan tentang peluang usaha, visa dan juga pengaturan keuangan. Menariknya, disini disampaikan bahwa terbuka peluang untuk pembiayaan kerjasama proyek dengan kisaran $ 500.000,- sd $ 1,5 Juta yang dikelola oleh US Trade and Development Agency (USTDA).

Baca Juga: Menteri PPPA Dijadwalkan Launching Gerakan Desa Ramah Perempuan dan Anak di Pariaman

Acara seminar ini juga dihadiri oleh beberapa Pejabat Amerika serikat, Kepala Perdagangan US Embassy – Eric Hsu, Deputy Regional Manager Badan Regional Perdagangan dan Pengembangan AS (USTDA) – Mr. Seng, Deputy Consulate General Consular for US Embassy Indonesia – Seth Snyder, Managing Director of Development Finance Cooperation (DFC) – Midland Douglas dan Vice Consul for Consulate Medan – Suraj Mungara serta pejabat dilingkungan Provinsi Kepulauan Riau serta Akademisi dan beberapa Perusahaan besar dibidang Pariwisata dan Tambang di Indonesia. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist