Gempa Pasbar Sebabkan Longsor di Malampah Kabupaten Pasaman 

Penulis: Isran Bastian
Lubuk Sikaping, Padangkita.com – Gempa yang berpusat di Pasaman Barat (Pasbar) mengakibatkan sejumlah bencana serius di sejumlah daerah di sekitarnya. Diantaranya juga memicu bencana longsor di wilayah Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. 

Camat Tigo Nagari, Nasril mengungkapkan, pasca gempa terjadi longsor dari tebing bukit yang runtuh, namun tidak menimbun rumah warga. 

“Longsor tersebut mengalir ke aliran sungai Batang Kapa yang tidak jauh dari titik lokasi tebing. Selain itu menutup dua aliran sungai di sekitar wilayahnya,” ujarnya, Jumat (25/2/2022).

Dipantau Padangkita.com dari sebuah video di media sosial, longsor material berlumpur mengalir dalam jumlah yang cukup besar. Saat ini pihaknya sedang menangani material longsor tersebut.

“Tidak ada rumah yang kena longsor tapi hampir 80 persen rumah rusak akibat gempa bukan longsor,” ucapnya

Terpisah Kepala  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, memang saat gempa 2009 di Sumatra Barat yang saat itu berkekuatan 7 SR, bersamaan dengan hujan, saat itu memang dibarengi tanah bergerak. Yang sekarang tidak menutup kemungkinan untuk itu,” kata Dwikorita, saat konferensi pers, melalui zoom meeting, Jumat (25/2/2022).

Dwikorita mengatakan pihaknya sedang mengirimkan tim untuk melakukan pengecekan ke lokasi untuk mencari kepastian tanah bergerak ini.

Baca Juga : Bayi Korban Gempa Pasbar Dievakuasi ke Rumah Dinas Bupati

“Kami masih menunggu informasi dari lapangan,” ucap Dwikorita. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist