Gempa Mentawai M 6,1 Akibatkan 2.326 Jiwa Mengungsi, PMI Sumbar Nyatakan Siaga

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Hingga pukul 18:11 WIB, Senin (29/8/2022), gempa susulan terus dirasakan warga Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar). Menanggapi kondisi ini, PMI Provinsi Sumbar siagakan personil dan juga berbagai bantuan.

Ketua PMI Sumbar, Aristo Munandar meminta personil PMI baik provinsi maupun yang berada di Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk terus siaga dan memantau kondisi wilayah terdampak gempa bumi.

“Beberapa Relawan PMI sudah berada di lokasi untuk melaporkan situasi dan Posko PMI Sumbar saat ini juga standby, memantau kondisi di sana,” jelasnya dalam siaran pers diterima Padangkita.com, malam ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa gempa susulan terjadi sebanyak dua kali petang ini. Gempa dengan magnitudo (M) 4,0  terjadi pada pukul 17:58 WIB . Tak lama berselang pukul 18:11 WIB warga kembali merasakan guncangan gempa dengan kekuatan M 4,5.

Sebelumnya, gempa yang cukup kuat dengan magnitudo 6,4 yang kemudian dimutakhirkan BMKG jadi M 6,1  juga dirasakan warga Pulau Siberut, Mentawai pagi tadi pukul 10:29 WIB.

Aristo juga mengatakan, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, BPBD dan mitra PMI lainnya untuk mendapatkan laporan terkini keadaan warga yang mengungsi akibat gempa.

“Kita sedang mengumpulkan data, apa yang bisa PMI bantu untuk masyarakat di sana” tambah Aristo.

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist