Berita

Gempa M 4,5 Guncang Pasaman Barat, BMKG: Dipicu Sesar Aktif Segmen Talamau

×

Gempa M 4,5 Guncang Pasaman Barat, BMKG: Dipicu Sesar Aktif Segmen Talamau

Sebarkan artikel ini
Tuapeijat, Padangkita.com - Gempa dengan mahnitudo 4,6 mengguncang Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, Senin (29/11/2021) pukul 22.24 WIB.
Ilustrasi: Canva.com/Petrovich9

Simpang Empat, Padangkita.com – Gempa tektonik bermagnitudo 4,5 mengguncang Pasaman Barat, Rabu (28/9/2022) pukul 10.46 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Suaidi Ahadi mengatakan, episenter gempa terletak pada koordinat 0,17 Lintang Utara dan 99,86 Bujur Timur.

“Atau tepatnya berlokasi di darat pada 12 kilometer Timur Laut Pasaman Barat, pada kedalaman 10 kilometer,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat sesar aktif segmen Talamau.

Guncangan gempa dirasakan di Pasaman Barat dan Pasaman II-III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Suaidi.

Dia menerangkan, sampai pukul 11.00 WIB, tercatat belum ada gempa susulan. Dia pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” ungkapnya.

Baca Juga: Daftar Gempa Paling Merusak di Wilayah Aceh Barat, 2004 Sebanyak 283.100 Orang Meninggal

Dia meminta masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Kanal komunikasi resmi itu yaitu Instagram/Twitter (@infoBMKG), situs (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui mobile apps (wrs-bmkg atau infobmkg). [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News