Gempa Darat Guncang Agam, Ini Kata BMKG

Penulis: Andri Elfaruqi
Lokasi gempa berkekuatan 3,6 SR di Kabupaten Agam. (Dok. BMKG)

Padangkita – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika melaporkan terjadi gempa berkekuatan 3,6 Skala Ritcher di Kabupaten Agam, Senin 10 April 2017. Selain di Agam, getaran gempa juga dirasakan di Kabupaten Pasaman.

Berdasarkan hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, pusat gempa berada di darat. Tepatnya di 0.13 Lintang Selatan dan 100.20 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

“Hasil analisis peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di wilayah Kabupaten Agam pada skala intensitas I SIG BMKG (I-II MMI) dan Kabupaten Pasaman pada skala II SIG BMKG (III MMI),” ujar Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Kota Padang Panjang, Rahmat Triyono Senin 10 April 2017.

Menurutnya, gempa dangkal ini dipicu aktivitas sesar aktif. Secara tektonik gempa di Agam ini disebabkan pergerakan sesar Sianok yang memiliki laju geser 2,3 sentimeter per tahun.

Data BMKG, kata dia, tingkat aktivitas kegempaan di wilayah Agam dan Pasaman termasuk kawasan dengan tingkat cukup tinggi. Sebab, keberadaan sesar lokal di wilayah ini.

“Pasaman juga pernah diguncang gempa bumi berkekuatan 5,4 SR pada 10 Juli 2016 lalu,” ujarnya.

Terpopuler

Add New Playlist