Forum RT RW Sebut Anggaran Covid-19 di Alang Laweh Padang Tidak Transparan

|
Editor: Zulfikar

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Anggaran Covid-19 di Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang dinilai tidak transparan, akibatnya belasan orang yang tergabung dalam Forum RT RW Alang Laweh mengadu ke DPRD Sumbar.

Padang, Padangkita.com – Belasan Ketua RT RW Kelurahan Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang untuk hearing (dengar pendapat) terkait anggaran Covid-19 yang dinilai tidak transparan.

Belasan orang yang merupakan RT dan RW di Alang Laweh itu mendatangi Kantor DPRD Padang, Selasa (6/10/2020) setelah sebelumnya, Senin (29/9/2020) mereka juga mendatangi Kantor DPRD Padang dengan tujuan yang sama.

Salah seorang perwakilan Forum RT RW Kelurahan Alang Laweh, Efniati mengatakan, masing-masing Ketua RT memperoleh uang Rp350.000, sedangkan setiap Ketua RW mendapatkan Rp500.000 dari kelurahan setempat. Di Kelurahan Alang Laweh terdapat 20 RT dan 5 RW.

Sebagai bagian dari Kongsi Covid-19, merekapun mempertanyakan uang makan dan minum yang kecil dibandingkan kelurahan lain di Kecamatan Padang Selatan.

“Kami sempat bertanya kepada Kelurahan Pasa Gadang. Mereka mendapatkan uang makan dan minum itu senilai Rp2.150.000. Ada apa ini? Padahal, kami masih dalam satu kecamatan,” ujarnya.

Bahkan, kedatangan hari ini, Selasa (6/10/2020) untuk hearing juga dihadiri Lurah Alang Laweh, Adarmansyah.

Menurut Adarmansyah, terkait persoalan anggaran Covid-19 yang dipermasalahkan itu, ada kesalahpahaman informasi yang diterima Forum RT RW.

Dijelaskannya, dana makan dan minum untuk Kongsi Covid-19 sudah diberikan sesuai aturan yang diterbitkan Sekretaris Daerah (Sekda) Padang. “Kita jalankan sesuai aturan Sekda,” ujarnya dalam hearing di Kantor DPRD Padang tersebut.

Lalu, terkait sisa anggaran Covid-19 di Kelurahan Alang Laweh sekitar Rp50 juta, menurut Adarmansyah sudah dikembalikan ke kas Pemko Padang.

Menanggapi persoalan tersebut, Wakil Ketua DPRD Padang, Ilham Maulana mengatakan, bahwa akan dilaksanakan pertemuan lanjutan antara masyarakat dan pihak kelurahan Alang Laweh.

Baca juga: DPRD Padang: Alihkan Anggaran untuk Penanganan COVID-19

“Kami kembali memberikan ruang untuk berdiskusi antara masyarakat dan petugas di Kelurahan Alang Laweh. Semoga pertemuan yang ketiga membuahkan hasil dan dapat memuaskan hati masyarakat,” kata Ilham. [zfk]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist