Berita

Forum Konsultasi Publik RPJPD Kota Padang 2025-2045 Digelar, Ini Harapan Wawako

×

Forum Konsultasi Publik RPJPD Kota Padang 2025-2045 Digelar, Ini Harapan Wawako

Sebarkan artikel ini

Padang, Padangkita.comForum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan dokumen rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Padang Tahun 2025-2045 resmi dibuka oleh Wakil Wali kota Padang Ekos Albar, Selasa (5/12/2023).

Ekos Albar mengatakan, forum ini merupakan bagian dari proses penyusunan RPJPD Kota Padang yang transparan dan partisipatif, sebelum dokumen tersebut ditetapkan menjadi rancangan akhir.

RPJPD Kota Padang akan menjadi pedoman pembangunan daerah untuk 20 tahun ke depan, yang sesuai dengan visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah.

“Forum ini juga merupakan bentuk komitmen kita untuk membangun Kota Padang secara menyeluruh, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pemerataan pendapatan, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses dan kualitas pelayanan publik, serta daya saing daerah, sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah,” ujar Ekos Albar.

Lebih lanjut ia berharap, forum ini dapat menghasilkan masukan yang konstruktif dan relevan terhadap rancangan awal RPJPD Kota Padang 2025-2045, sehingga dokumen yang disusun dapat berkualitas dan bermanfaat, serta dapat menjawab tantangan dan peluang pembangunan di Kota Padang dalam dua dekade mendatang.

Turut hadir dalam forum ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Didi Aryadi, Sekretaris Bappeda Kota Padang Novalino, anggota DPRD Kota Padang, Forkopimda, dinas instansi vertikal, OPD Provinsi Sumatra Barat, BUMN/BUMD, seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Novalino menjelaskan, forum ini bertujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat dan stakeholder terkait terhadap arah kebijakan dan tujuan pembangunan, berdasarkan analisis permasalahan dan isu strategis aktual yang akan dihadapi Kota Padang dalam 20 tahun ke depan.

Baca Juga: Pemko Padang Bahas Perencanaan Pembangunan 20 Tahun ke Depan

“Kami mengundang seluruh elemen masyarakat dan stakeholder untuk berpartisipasi dalam forum ini, agar RPJPD Kota Padang dapat mencerminkan kebutuhan dan keinginan masyarakat, serta dapat mendorong percepatan dan perbaikan pembangunan di Kota Padang,” tutupnya. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News