Festival Rakyat Batang Arau 2022 Resmi Dihelat, Yuk Ramaikan

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Beberapa hari jelang penutup tahun, Festival Rakyat Batang Arau 2022 resmi dihelat pada Kamis (29/12/2022).

Acara yang di pusatkan di lapangan bola mini Seberang Pabayan, Kelurahan Batang Arau ini akan digelar selama tiga hari hingga tanggal 31 Desember.

Dalam Festival Rakyat Batang Arau ini ada tiga kegiatan utama yang digelar, yaitu festival kuliner dari masyarakat lokal, jual beli botol dan gelas plastik dan bersampan-sampan di sepanjang Batang Arau.

Untuk Festival Kuliner diikuti oleh 40 UMKM, sementara itu penanggung jawab jual beli botol dan gelas plastik adalah Gilplas Sumbar. Sedangkan kegiatan bersampan-sampan melibatkan nelayan tempatan.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah yang membuka acara tersebut mengungkapkan dukungan dan apresiasi kepada Pokdarwis Gunung Padang dan Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau yang telah menggelar Festival Rakyat Batang Arau 2022.

“Lokasi Batang Arau ini sangat strategis karena daerah perlintasan yang banyak dilalui orang menuju destinasi Batu Malin Kundang di Air Manis. Masyarakat bersama dengan Pokdarwis Gunung Padang tinggal membuat kegiatan rutin yang memancing orang untuk singgah. Bila orang sudah singgah, ekonomi rakyat akan bergerak,” ujar Gubernur.

Sementara itu Ketua Pokdarwis Gunung Padang Bhilu Pricilia mengungkapkan kegiatan ini bisa terselenggara atas dukungan banyak pihak, baik dari unsur pemerintah, non-pemerintah, perusahaan dan perorangan.

“Kehadiran Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau sangat membantu terselenggaranya kegiatan ini. Sebagai masyarakat lokal kami sangat termotivasi dengan kehadiran bapak-bapak dan ibu-ibu dari Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau beserta anggotanya seperti Rang Mudo Palito Pendidikan dan Gilplas Sumbar,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan ini melibatkan masyarakat lokal secara partisipatif, seperti sampan yang digunakan adalah milik nelayan.

“Saat ini sudah ada tujuh sampan nelayan yang digunakan dalam kegiatan. Dengan digunakannya sampan nelayan, maka para nelayan mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari kegiatan dimaksud,” lanjut Bhilu.

Baca JugaRekomendasi Tempat Nongkrong di Kawasan Wisata Batang Arau 

Nah bagi penumpang dewasa yang ingin berkeliling Batang Arau dengan sampan cukup merogoh kocek sebesar Rp20 ribu, sedangkan anak-anak dikenai biaya Rp10 ribu. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist