Festival Durian di Solsel, Gubernur Minta Ditentukan Nama Durian Unggul yang Khas

Penulis: Redaksi

Berita Solok Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Festival durian akan berlangsung beberapa hari mendatang, dan secara resmi telah dibuka, Senin (7/6/2021).

Padang Aro, Padangkita.com – Kabar gembira bagi penikmat buah durian. Untuk pertama kalinya, festival durian diadakan di Kabupaten Solok Selatan (Solsel). Festival durian akan berlangsung beberapa hari mendatang, dan secara resmi telah dibuka, Senin (7/6/2021).

Saat pembukaan festival durian, di objek wisata Pulau Mutiara, Sangir, Solsel, Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Nasir Ahmad mengharapkan muncul varietas unggul yang telah diberi nama di Solsel. Sehingga, Solsel akan punya durian yang khas dengan nama yang khas pula.

Nasir mengharapkan, dari sekitar 5.198 batang durian di Solok Selatan ditemukan dan ditentukan nama khas durian terbaik.

“Dari sekian banyak buah durian itu, tentunya akan ada satu atau dua varitas durian yang sangat enak dan dapat menjadi rasa khas Solsel. Jika ini ada, tentunya setiap musim panen durian akan menjadi daya tarik orang datang merasakan enaknya durian khas Solsel ini,” ungkapnya.

Nasir atas nama Pemprov Sumbar juga menyampaikan apresiasi dan bangga dengan kreativitas Pemkab Solsel yang menggelar Festival Durian sebagai upaya memberdayakan potensi daerah dan menggerakkan kreativitas masyarakat Solok Selatan.

“Ada pencanangan festival durian, lomba durian unggul, pameran makanan olahan durian, pesta makan durian bersama masyarakat dan event-event budaya lainnnya. Hal ini tentunya jika teragenda setiap tahun akan mampu memberikan dampak positif terhadap pembangunan Solok Selatan”, ujarnya.

Ada Pohon Berusia 90 Tahun di Solsel

Bupati Solok Selatan Khairunas menyebutkan penganekaragaman buah-buahan saat ini menjadi hal yang sangat penting. Upaya tersebut dapat menyediakan pilihan buah-buahan yang lebih beragam dengan pengembangan sumber daya lokal, sehingga dapat mengembangkan kekayaan alam dengan bijak.

“Secara umum, Indonesia termasuk Sumatra Barat merupakan negara yang memiliki plasma nutfah durian terlengkap di dunia. Bahkan Menteri Pertanian sendiri telah melepas 71 varietas durian unggulan yang terbukti keandalannya seperti halnya durian Sahalai Sarawa, Durian Hijau, Durian Putiah, Durian Kunyik, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Terpopuler