Facebook Resmi Ganti Nama Jadi Meta, Mark Zuckenberg: Fokus ke Realitas Virtual

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengumumkan perubahan nama Facebook menjadi “Meta” karena ingin fokus pada pengembangan visi realitas virtual metaverse untuk masa depan.

Sebelumnya, pada Kamis (28/10/2021), Facebook mengumumkan mengubah namanya atau rebranding menjadi “Meta”. Dilansir Antara, Mark Zuckerberg mengatakan dalam konferensi virtual reality dan augmented reality yang disiarkan langsung perusahaan, bahwa nama baru itu mencerminkan investasi visinya di dunia metaverse ketimbang layanan media sosial yang akan terus disebut Facebook.

Metaverse adalah istilah yang diciptakan dalam novel distopian “Snow Crash” pada tiga dekade lalu dan sekarang menarik perhatian di Silicon Valley. Istilah ini merujuk secara luas pada gagasan tentang dunia virtual bersama yang dapat diakses oleh orang-orang yang menggunakan perangkat yang berbeda.

“Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan,” kata Zuckerberg.

Perusahaan yang telah banyak berinvestasi dalam augmented reality dan virtual reality, mengatakan perubahan itu akan menyatukan berbagai aplikasi dan teknologi di bawah satu merek baru. Merek tersebut, kata Facebook, dikatakan tidak akan mengubah struktur perusahaannya.

Baca juga: Sukses Dirikan Facebook, Mark Zuckerberg Nyaris Jadi Pemilik Gerai McDonald’s

Mark Zuckerberg juga menunjukkan demo video seperti apa metaverse itu, dengan orang-orang terhubung sebagai avatar dan akan dibawa ke versi digital dari berbagai tempat dan periode waktu. CEO Facebook ini mengatakan bahwa metaverse perlu dibangun dengan mempertimbangkan keamanan dan privasi. (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist