Ekstrem, Begini Cara Suku Dayak Menidurkan Anak

Penulis: SON

Padangkita.com – Cara menidurkan anak di Suku Dayak cukup unik. Anak bayi umur diayun dengan posisi duduk layaknya serupa dalam kandungan.

Tradisi ini disebut dengan Tuyang Tapokong. Cara menidurkan bayi yang unik dan dipercaya mampu membuat bayi tertidur lebih lama.

Baca Juga

Bayi berada dalam posisi duduk dan leher diikat dengan kaki diatur seperti posisi bayi saat berada dalam kandungan.

“Apa tidak bahaya?” pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh pengguna TikTok kepada Tita Dayak yang mengunggah video saat mengayunkan bayinya.

“Tradisi ayun bayi kami orang dayak seperti ini.kami sebut nmanya TUYANG TAPOKONG. kalau tempat kalian apa nmanya?” tulis Tita Dayak.

“ini sdh turun temurun, aku pun sering di gunakan waktu kecilnya. tapi kalau orang Banjar nyebut ny Bapukung” tulis seorang pengguna TikTok lain.

Tradisi mengayunkan bayi seperti ini juga ditemukan di Suku Banjar yang disebut dengan Bapukung.

Masyarakat dari kedua suku itu telah menerapkan cara menidurkan bayi bapukung sebagaimana diajarkan nenek moyang mereka ribuan tahun lalu.

Lazimnya selama ini kita melihat cara menidurkan bayi dengan posisi berbaring dengan ayunan kain atau rotan tentu akan kaget dengan cara seperti ini.

Bagi mereka yang melihat sekilas mungkin akan berpikir aneh dengan metode menidurkan bayi seperti ini. Bahkan seorang netizen mengatakan jika pernah disangka akan membunuh bayi saat itu.

“Hanya Kalimantan punya cara itu, dlu kk saya ikut suaminya ke jawa dan d Jawa ananya d ayun sprti itu, mertua kk teriak, blg anaknya mau d bunuh” cerita akun Putra Khayan Kubar.

Terpopuler