Dukung Petani Milenial, Pemko Padang Panjang Ajak Anak Muda Ciptakan Lapangan Kerja

Penulis: Zulfikar Efendi
|
Editor: Redaksi

Padang Panjang, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang mendukung para generasi muda untuk terjun ke pertanian dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, bukan lagi sekadar bisa mencari pekerjaan.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Padang Panjang, Iriansyah Tanjung mengatakan, saat ini, bukan lagi waktunya untuk mencari-cari pekerjaan, tapi harus bisa menciptakan lapangan kerja.

“Anak muda zaman sekarang dituntut untuk bisa membuka lapangan pekerjaan, bukan waktunya lagi mencari-cari pekerjaan. Salah satu yang bisa dimanfaatkan, yaitu bidang pertanian,” ujar Iriansyah dikutip dari rilis yang diterima Padangkita.com, Kamis (1/7/2021).

Hingga saat ini, kata Iriansyah, Pemko Padang Panjang sudah melakukan usaha untuk mendongkrak dan memotivasi pemuda daerah dengan mengikutsertakan anak muda dalam pelatihan, baik dalam daerah maupun di luar daerah.

Bahkan, katanya, pembekalan generasi muda dalam bidang pertanian menjadi tugas pemko melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan).

“Ini salah satu upaya agar pemuda Padang Panjang bisa menjadi cikal bakal kemajuan pertanian sampai ke level nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas mengatakan, Dispangtan selalu siap mendampingi generasi muda dalam budidaya pertanian.

“Generasi muda ini yang kita harapkan untuk meneruskan generasi yang selama ini sudah bertani di Padang Panjang. Ini sejalan dengan program Kementerian Pertanian untuk mencetak petani milenial dengan target 2,5 juta per lima tahun,” ujarnya.

Baca juga: Andre Rosiade Ajak 11 Kepala Daerah dari Sumbar Bertemu Mentan, Bahas Program Cetak Sawah dan Petani Milenial

Menurut Ade, Pemko Padang Panjang juga sudah menyiapkan beberapa program, salah satunya program magang ke Jepang selama dua tahun yang dikhususkan untuk pentani milenial dengan umur maksimal 26 tahun. [*/zfk]

Terpopuler