DPRD Sumbar Minta Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Ditambah

Penulis: Ramono Aryo

Berita Sumbar terbaru: Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi mengusulkan penambahan tempat isolasi

Padang, Padangkita.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Supardi mengusulkan penambahan tempat isolasi atau karantina bagi pasien positif Covid-19.

Usulan ini disampaikan dengan semakin meningkatnya pasien Covid-19 di Sumbar. Bahkan saat ini, empat daerah masuk zona merah dan 14 daerah masuk zona oranye penyebaran virus corona.

Baca Juga

“Perlu langkah antisipasi dari pemerintah provinsi yang berkoordinasi dengan kabupaten dan kota untuk menambah tempat penyembuhan atau karantina penderita Covid-19,” katanya Minggu (4/10/2020).

Ia juga mengatakan Pemprov Sumbar jangan jadikan anggaran sebagai alasan untuk tidak menambah tempat isolasi tersebut. Menurutnya, DPRD siap membantu terkait alokasi anggaran untuk hal itu.

“Jangan jadikan dana atau anggaran menjadi persoalan karena DPRD siap membantu,” katanya.

Dia juga meminta, pemprov secara tegas melarang seseorang untuk isolasi mandiri, jika rumah atau kediamannya tidak sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Menurutnya akan sulit memutus mata rantai penyebaran Covid-19, jika pasien yang positif masih tetap melakukan komunikasi dan interaksi sosial dengan orang lain.

“Untuk itu pemerintah bisa menyewa gedung atau wisma untuk lokasi karantina dan bagi masyarakat yang tidak memiliki fasilitas layak agar mau diisolasi ke tempat yang disediakan oleh pemerintah,” tambahnya.

Baca Juga: Zona Merah di Sumbar Bertambah Jadi 4 Daerah

Supardi menyatakan bahwa virus corona bukan persoalan politis, tapi nyata dan sudah banyak yang terpapar, untuk itu semua pihak harus mendukung pengentasannya. [abe]


Baca berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist