DPRD Pessel Gelar Rapat Paripurna Padangan Fraksi Terkait RAPBD 2023

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar rapat paripurna membahas nota Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2023.

Rapat Paripurna ini dengan agenda mendengarkan penyampaian jawaban pemerintah terhadap pandangan umum Fraksi atas rancangan APBD Kabupaten Pessel Tahun 2023, Rabu (7/12/2022).

Ketua DPRD Pessel, Ermizen, meyampaikan pembahasan Rancangan APBD Anggaran 2023 sudah sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

“Semoga ini memberikan angin segar untuk pelaksanaan pembangunan Pessel yang lebih baik dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu Fraksi PDI menyoroti soal lemahnya pengawasan dan pemberantasan pungutan liar (pungli) di Kawasan Terminal, Pasar dan Kawasan Wisata pada sebelumnya.

“Untuk Tahun 2023 kami akan melakukan kegiatan pengawasan dan pemberantasan dengan dengan Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kabupaten(SK4) yang melibatkan institusi TNI, POLRI, dan Perangkat Daerah terkait,” ujar Sri Kumala Sari, Ketua Fraksi PDI.

Menurutnya, persoalan pungli tidak dapat diatasi dengan sendiri oleh Satpol PP dan Damkar, kedepannya sanksi bagi pelaku pungli akan diatur lebih tegas dan keras dalam Revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum untuk memberikan efek jera kepada pelaku.

“Untu itu kedepannya kami lakukan upaya-upaya pemberantasannya yang mengacu kepada tugas pokok dan fungsi kedewanan serta wilayah kewenangan, karena permasalahan pungli dan pekat tidak seluruhnya dapat ditangani oleh Satpol PP dan Damkar,” sambungnya.

Sementara itu, Fraksi Partai Nasdem, menyampaikan pandangan bahwa Pemda harus memiliki langakah yang jitu untuk mengantisipasi kenaikan harga barang dan jasa serta langkah strategis yang dilakukan untuk mengantisipasi bila terjadi inflasi.

“Kami menilai standar acuan untuk penyusunan anggaran Tahun 2023 telah sesuai dengan aturan yang berlaku” ujar Ketua Fraksi Nasdem, Epi Kampai.

Sebelumnya, Wakil Bupati Rudy Hariansyah menyampaikan terima kasih atas masukan dan saran dari fraksi tersebu karena akan mendorong terciptanya APBD yang berpihak kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat Pesisir Selatan yang lebih sejahtera.

Baca JugaKulit Warga Melepuh Usai Vaksin, Komisi IV DPRD Pessel Bakal Panggil Satgas Covid-19

“Terima kasih atas masukan dan saran dari fraksi yang telah memberikan masukan, tanggapan, saran serta koreksi terhadap Nota Keuangan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023. Semoga masukan dan Jawaban Pemerintah atas Pandangan Umum Fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan R-APBD Kab. Pessel TA. 2023,” tutupnya. [amn]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

 

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist