DPRD Kota Padang Minta Pelaku Kejahatan Jalanan Ditindak Tegas

Penulis: Rio Irawan

Padang, Padangkita.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta petugas keamanan menindak tegas pelaku kriminal khususnya pelaku kejahatan jalanan yang marak akhir-akhir ini.

Anggota DPRD Komisi I Kota Padang, Budi Syahrial mengatakan pengawasan dan pengamanan juga harus ditingkatkan agar warga dan pendatang di kota Padang merasa terjamin keamanan dan keselamatannya.

“Untuk kepolisian kita berharap bisa melakukan tindakan tegas untuk pelaku kejahatan, baik bagi pelaku dewasa maupun anak dibawah umur,” katanya kepada Padangkita.com, Selasa (18/02/2020).

Menurut Budi, pengawasan dan pengamanan dapat dilakukan dengan cara mengerahkan intel untuk memantau kejadian atau peristiwa mungkin mengarah ke tindakan kriminal.

Baca juga: Dirawat Intensif, Korban Penjahat Jalanan di Padang Mulai Membaik

Selain itu menurutnya untuk mengurangi dan meminimalisir aksi kejahatan jalanan di kota Padang, pihaknya meminta polisi dan satpol PP melakukan aksi bersama dari sisi kemasyarakatan.

Budi mengatakan untuk meningkatkan keamanan pemerintah tidak bisa berharap sepenuhnya ke satpol PP. Dibutuhkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan hal ini.

“Bagaimana juga perlukan partisipasi masyarakat dalam menjalankan ketenteraman dan ketertiban di Kota Padang,” ujar Budi.

Dia menjelaskan saat ini DPRD Kota Padang sedang membahas revisi peraturan daerah (perda) mengenai Ketertiban Umum.

Diharapkan dengan perda ini dapat menjangkau hal-hal yang belum dijangkau oleh undang-undang sebelumnya.  Setelah disahkan perda tersebut dapat disosialisasikan dengan baik oleh satpol pp kepada masyarakat.

Melalui Perda yang sudah direvisi tersebut keamanan di Padang lebih meningkat dan Satpol PP mempunyai landasan hukum untuk melakukan tindakan terhadap pelaku pelanggaran. (*/pk-12)


Baca berita Padang terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler