Dinilai Badan Bahasa, Padangkita.com Paling Baik dalam Penggunaan Bahasa Indonesia di Sumatra

Penulis: Irfan Denas

Padang, Padangkita.com – Dari ribuan media daring yang ada di Sumatra, media daring asal Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) Padangkita.com menjadi media daring yang paling baik dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Hal itu berdasarkan penilaian Badan Bahasa Kemendikbudristek. Bahkan, Padangkita.com meraih posisi ke-29 dengan nilai 361,8 untuk seluruh media daring yang ada di Indonesia.

Berdasarkan catatan Badan Bahasa, media daring yang berada di peringkat pertama dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar ialah Republika.co.id dengan nilai 377,8.

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Bahasa, Abdul Khak, mengatakan bahwa penilaian itu dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap media massa daring yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Kita rutin melakukannya. Tahun ini, untuk kali pertama kita juga melakukan penilaian terhadap media daring,” ujar Abdul Khak kepada Padangkita.com, Rabu (15/12/2021).

Berdasarkan keterangan yang diterima Padangkita.com, penilaian penggunaan bahasa Indonesia di Media Massa Daring 2021 ini didasari pada lima kriteria, dengan masing-masing kriteria penilaiannya 20 persen.

Kriteria pertama, ejaan yang meliputi akurasi pengetikan, pemakaian huruf, dan pemakaian tanda baca.

Lalu, bentuk dan kata, mulai dari ketepatan sesuai konteks, kebenaran sesuai dengan kaidah, hingga kehematan mengutamakan bentuk lebih ringkas dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik.

Kriteria ketiga, yakni kalimat. Penilaiannya meliputi kehematan, kepadatan, kejelasan, kelengkapan, dan kesejajaran.

Kriteria keempat adalah paragraf, meliputi kesatuan gagasan, kepaduan, konsistensi, kelengkapan, dan keruntutan yang sesuai dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Terakhir, akurasi informasi. Di antara penilaiannya yakni kesesuaian judul dan isi, ketuntasan, dan kelogisan.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Padangkita.com, Montosori mengucapkan terima kasih atas penilaian yang diberikan Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.

“Penilaian ini menjadi penyemangat bagi kami untuk mempertahankan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” ujar Montosori.

Baca juga: Kabid Humas Polda Sumbar dan Rombongan Kunjungi Kantor Redaksi Padangkita.com, Ini Tujuannya

Montosori menyebutkan, media massa juga merupakan salah satu rujukan masyarakat dalam berbahasa. “Jadi, media massa harus menjalankan fungsinya dalam mengedukasi masyarakat tentang bahasa Indonesia yang baik dan benar,” katanya. [den/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist