Dilirik Investasi Besar, Selama Ini Amerika Serikat jadi Negara Tujuan Utama Ekspor Sumbar

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Amerika Serikat tengah menjajaki peluang investasi di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Konsul Amerika Serikat untuk Sumatra, Gordon S. Church pun telah menemui Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Istana Kompleks Gubernuran, Rabu (9/2/2022). 

Kehadiran konsul bersama staf nya itu disambut baik oleh gubernur dan dalam diskusi, Gordon menyampaikan maksud kehadirannya untuk bersilaturahmi sekaligus menjajaki peluang-peluang investasi yang ada di Sumbar.

Apalagi kerjasama antara Sumbar dengan Amerika sudah terjalin lama melalui jalur ekspor. Amerika Serikat merupakan negara tujuan ekspor terbesar ketiga dari Sumatera Barat. Sehingga menarik perhatian Gordon. Dan Sumbar menurutnya memiliki potensi di berbagai bidang, terutama bidang budaya dan ekonomi. 

“Saya senang dapat mengunjungi Padang untuk pertama kalinya dan berdiskusi dengan Gubernur Sumbar mengenai kerjasama di bidang budaya dan ekonomi,” ujar Gordon. 

Lalu, selama ini apa saja kerjasama bidang ekonomi yang telah dijalin Pemprov Sumbar dengan negara berjuluk Paman Sam tersebut? Berikut ulasannya: 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, ekspor Sumbar ke beberapa negara tujuan tahun 2019-2020,  negara tujuan utama ekspor Sumbar  tahun 2020 adalah India, Amerika Serikat, Banglades, dan Tiongkok.

Perdagangan dengan empat negara tujuan utama tersebut mencapai US$913,99 juta (13,07 triliun lebih) atau sekitar 59,67 persen dari seluruh nilai ekspor luar negeri Subar yang tercatat sebesar US$1.531,84 juta. 

Nilai ekspor ke empat negara tujuan utama tersebut dibandingkan dengan tahun 2019 mengalami peningkatan 7,00 persen. Pada 2020 India merupakan negara tujuan ekspor utama Sumbar untuk kelompok negara-negara Asia. 

Ekspor ke Negara India tercatat sebesar US$345,20 juta atau sekitar 22,53 persen dari nilai keseluruhan ekspor Sumbar. 

Selanjutnya untuk kelompok negara-negara Amerika, Amerika Serikat merupakan negara tujuan ekspor utama dengan nilai sebesar US$259,39 juta (16,93%) atau setara 3.714 triliun lebih untuk kurs rupiah hari ini 10 Februari 2022 sebesar 14.301. 

Sedangkan untuk kelompok negara-negara Eropa, negara Spanyol merupakan negara tujuan utama dengan nilai sebesar US$97,17 juta atau 6,34 persen.

Baca Juga :Konjen Amerika Serikat Temui Genius Umar, Ini yang Dibahas  

Nilai impor Sumatera Barat dari empat negara mitra dagang utama tersebut mencapai US$12,93 juta atau mencapai 6,94 persen dari total impor Sumatera Barat. Negara Singapura merupakan negara pengimpor terbesar mencapai US$77,49 juta atau 41,57 persen dari total impor Sumbar. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist