Dilaksanakan 3 Hari, UNP Wisuda 2.657 Lulusan yang Dihadiri Orang Tua Wisudawan

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Universitas Negeri Padang (UNP) mewisuda 2.657 lulusan selama tiga hari, 21-23 September. Wisuda ke-128 September 2022 ini diselenggarakan secara luring atau tatap muka di Auditorium UNP.

Pada Rabu (21/9/2022), acara wisuda yang juga disiarkan secara live streaming di kanal YouTube UNP, telah diwisudasebanyak 909 orang lulusan.

Rinciannya, Diploma III (Fakultas Teknik) sebanyak 59 orang, S1 dan D4 Kependidikan 523 orang (Fakultas Ilmu Pendidikan 419 orang dan Fakultas Teknik 104 orang).

Kemudian, S1 dan D4 non-kependidikan sebanyak 78 orang (Fakultas Teknik). Profesi konselor sebanyak 31 (Fakultas Ilmu Pendidikan).

Program Magister 187 orang: Fakultas Ilmu Pendidikan 39 orang, Fakultas Bahasa dan Seni 27 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 40 orang, Fakultas Ilmu Sosial 10 orang, Fakultas Teknik 28 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan 14 orang, Sekolah Pasca-Sarjana 9 orang, Fakultas Ekonomi 20 orang.

Selanjutnya, Program Doktor (S3) sebanyak 31 orang: Fakultas Ilmu Pendidikan 1 orang, Fakultas Bahasa dan Seni 1 orag, Fakultas Teknik 9 orang, Sekolah Pasca-Sarjana 18 orang, Fakultas Ekonomi 2 orang.

Rektor UNP Prof. Ganefri dalam sambutannya mengatakan, wisuda periode ini adalah wisuda perdana yang menghadirkan  orang tua atau wali mahasiswa semenjak Covid-19.

Sebelumnya, wisuda diadakan secara daring atau online. Kemudian, sejalan dengan berkurangnya kasus Covid-19, wisuda diadakan secara langsung, namun hanya dihadiri oleh para wisudawan dan wisudawati.

“Hari ini untuk pertama kali kita mengundang para orang tua atau wali yang memang merupakan usulan permintaan dari wisudawan-wisudawati. Sebelumnya UNP hanya memberikan kesempatan kepada wisudawan wisudawati untuk hadir di ruangan ini,” ungkap Ganefri. 

Prof Genefri mengucapkan selamat kepada para orang tua wisudawan/wisudawati.

“Mudah-mudahan jerih payah bapak ibu semua telah mengantarkan anak-anak pada hari ini menapak masa depan yang lebih baik,” ucap Ganefri.

Pada wisuda kali ini, juga hadir anggota Majelis Wali Amanat (MWA) kehormatan UNP yang juga anggota DPR RI, Andre Rosiade. Pada kesempatan itu, Andre meyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Membangun Sumatra Barat”.

Dalam orasinya, Andre mengungkap berbagai pembangunan di Sumbar. Antara lain flyover Sitinjau Lauik. Usulan pembangunan jalan layang ini oleh Pemprov Sumbar sempat ditolak oleh pusat. Sampai akhirnya Andre Rosiade secara intens melakukan lobi, dan dapat disetujui.

Baca juga: UNP Resmi Bangun Kampus di Payakumbuh, Pertama Dibuka Prodi Kuliner Minang

Pembangunan infrastruktur ini akan menelan anggaran sebesar Rp1,4 triliun yang rencanananya dimulai pada Juni 2023 dan ditargetkan selesai pada Juni 2024. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist