Dikunjungi Menteri KKP, Bupati Benny Utama: Kami Ingin Pakan Ikan yang Murah dan Mudah Didapatkan

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pasaman hari ini dan berita Sumbar hari ini: Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono menyambangi Kabupaten Pasaman.

Lubuk Sikaping, Padangkita.com – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menyambangi Kabupaten Pasaman disela-sela kunjungannya ke Sumatra Barat (Sumbar).

Dalam kunjungan kerja ke Pasaman itu, Menteri KKP dibawa Bupati Pasaman, Benny Utama ke areal kolam ikan masyarakat di Jorong Rambatan Baru, Nagari Tanjung Betung, Kecamatan Rao Selatan, Jumat (4/6/2021).

Saat itu, Benny Utama menyampaikan ke Menteri KKP bahwa ia bertekad untuk membangun pabrik pakan ikan di Pasaman, agar masyarakat bisa mendapatkan pakan dengan mudah dan murah.

“Petani kita sangat berharap tersedianya pakan yang murah dan kita berharap kedatangan Pak Menteri dapat mendorong terwujudnya hal itu,” ujar Benny.

Saat ini, kata Benny, para petani ikan di daerah Kecamatan Rao, Rao Selatan dan Padang Gelugur, mendapatkan pakan ikan dengan harga yang cukup mahal.

“Jika harga pakan dapat ditekan lebih murah, dengan berdirinya pabrik pakan yang representatif di Pasaman, kita yakin dan optimis, usaha perikanan air tawar akan lebih maju dan berkembang, secara langsung akan lebih menyejahterakan masyarakat perikanan di Pasaman,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Menteri Trenggono menyebutkan bahwa ia sudah minta kepada Dirjennya untuk mengadakan program pakan mandiri di Pasaman.

Lebih lanjut, dikatakan Trenggono, awalnya ia tidak ada agenda untuk ke Pasaman. Namun, setelah ditemui Bupati Benny, akhirnya ia memutuskan untuk berkunjung ke Kabupaten Pasaman.

“Setelah saya ketemu Pak Bupati, saat Beliau ke Jakarta dan di Padang Panjang kemaren, saya jadi tertarik dengan penjelasan beliau tentang potensi dan produksi perikanan air tawar Pasaman, makanya saya datang langsung ke sini,” ujarnya.

Menteri Trenggono berharap agar budi daya ikan air tawar di Pasaman bisa menjadi sebuah kekuatan, jadi model, bagaimana meningkatkan ekonomi sesuai klaster daerah.

Baca juga: Kondisi Danau Maninjau Memprihatinkan, Ini Saran Menteri KKP ke Nelayan KJA

Kemudian, ia juga menyerahkan bantuan modal usaha dan bibit Ikan Mas Mustika kepada petani ikan. Lalu, dia juga berjanji akan membantu satu unit Ekskavator serta sarana prasarana untuk tenaga penyuluh. [*/zfk]


Baca berita Pasaman hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist