Dikabarkan Pulang ke Indonesia, Begini Nasib Habib Rizieq di Arab Saudi

Penulis: Putri

Padangkita.com – Kabar kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air telah beredar luas belakangan ini. Menurut kabar, Habib Rizieq akan kembali ke Indonesia tanpa bantuan pemerintah.

Kabar tersebut juga diungkapkan langsung oleh Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Shobri Lubis dalam pernyataan resminya pada Selasa (13/10/2020).

Baca Juga

Pasalnya, pencekalan Habib Rizieq telah dicabut. Hal itu setelah menjalani proses perundingan panjang dengan otoritas Arab Saudi.

Dalam pernyataan yang ditandatangani Ketua FPI dan Sekretaris Umum FPI, Munarman, disebutkan bahwa pencekalan Habib Rizieq secara resmi telah dicabut pada Selasa (13/10/2020).

Selain itu, Habib Rizieq juga dikabarkan telah dibebaskan dari denda apapun karena dianggap tidak bersalah. Meski kabar tersebut telah beredar luas, namun kabar lain menyebutkan fakta sebaliknya.

Status Habib Rizieq

Status Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi ternyata tidak seperti kabar yang beredar di Tanah Air. Saat ini Habib Rizieq berstatus ‘merah’ di Arab Saudi. Lantaran hal itu pula, Habib Rizieq masih belum diperbolehkan pulang ke Indonesia.

Bahkan visa kunjungan Habib Rizieq di Arab Sudi telah habis. Hal itu membuat dirinya berstatus sebagai mukhalif atau pelanggar undang-undang.

“Berdasarkan komunikasi kami dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa sampai detik ini nama Mohammad Rizieq Shihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih “blinking merah” dengan tulisan ta’syirat mutanahiyah (visa habis) dan dalam kolom lain tertulis: mukhalif (pelanggar UU),” ujar Agus, seperti dilansir dari Suara pada Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa pelanggaran yang dilakukan Habib Rizieq yakni dalam bentuk  mutakhallif ziyarah. Hal itu berkaitan dengan visa kunjungan Habib Rizieq yang telah habis di Arab Saudi.

“Bentuk pelanggaran: mutakhallif ziyarah (overstay dengan visa kunjungan). Ada juga kolom “ma’lumat al-mukhalif” (data tentang pelanggar). Di kolom foto MRS ditulis “Surah al-Mukhalif” foto pelanggar,” jelas Agus.

Hal itu membuat kepulangan Habib Rizieq masih belum bisa dipastikan. Kendati demikian pihak FPI masih belum memberikan pernyataan resmi terkait kabar Habib Rizieq berstatus merah karena melakukan pelanggaran tersebut. [*/Prt]


Baca berita viral dan trending terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist