Diinformasikan Sering Adanya Transaksi Narkoba, 20 Pelajar di Pulau Punjung Dharmasraya Tes Urin

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Zulfikar

Berita Dharmasraya terbaru dan berita Sumbar terbaru: Sebanyak 20 pelajar di Dharmasraya menjalani tes urin.

Pulau Punjung, Padangkita.com – Sebanyak 20 pelajar Sekolah Menengah Atas Negari (SMAN) 2 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya menjalani tes urin, Kamis (28/1/2021).

Kepala Satuan (Kasat) Reserse Narkoba Polres Dharmasraya, Iptu Rajulan Harahap mengatakan, adanya tes urin itu karena di kawasan Pulau Punjung kerap terjadi transaksi narkoba.

“Sering terjadi (transaksi) dan sudah banyak yang kami tangkap, makanya kami ingin memberikan pemahaman kepada pelajar terkait (narkoba) itu,” ujar Rajulan, Kamis (28/1/2021).

Tes urin itu, jelas Rajulan, dilaksanakan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Dharmasraya.

Tes urin itu, kata Rajulan diikuti sebanyak 20 pelajar yang terdiri dari empat siswi dan 16 siswa.

“Hasilnya negatif semua, serta tidak ditemukan adanya indikasi penyealahgunaan narkoba di sana,” ungkapnya.

Bahkan, kata Rajulan, tes urin ditargetkan untuk seluruh pelajar di Dharmasraya, karena Polres Dharmasraya lebih ke pencegahan daripada penindakan.

“Di sana kami akan tahu seberapa jauh dan banyak pelaku atau pemain (narkoba) ini menyasar orang, ketika ada pelajar yang positif dan dengan kerelaannya dilakukan tes urin, maka akan dilakukan tindakan rehabilitasi atau diversi hukum, yang kami kejar itu pengedar atau bandarnya,” imbuhnya.

Meskipun demikian, ucap Rajulan, polisi juga masih menunggu kesediaan dari Dinkes Dharmasraya untuk tes urin terhadap para pelajar.

Baca juga: Dua Pemuda Penyalahguna Narkoba di Dharmasraya Ditangkap

“Mereka (Dinkes) ada laboratorium untuk melakukan pengecekan itu. Nah, karena sekarang mereka sibuk dengan vaksinasi, kami sifatnya menunggu saja. Intinya, kami siap kapanpun diminta,” katanya. [zfk]


Baca berita Dharmasraya terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist