Dies Natalis ke-66 Unand, Yuliandri Ungkap Sejumlah Prestasi di Depan Para Mantan Rektor

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita,.com – Universitas Andalas (Unand) mengadakan peringatan Dies Natalis ke-66 di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

“Satu tahun Universitas Andalas berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, kami terus memperkuat komitmen melakukan berbagai inovasi dan transformasi pendidikan lewat sejumlah upaya,” ujar Rektor Unand Prof. Yuliandri dalam sambutannya, Selasa (13/9/2022.)

Dalam peringatan Dies Natalis ke-66 dengan tema ‘Inovasi Untuk Kejayaan Bangsa’ ini hadir para rektor periode sebelumnya yakni, Prof. Fachri Ahmad, Prof. Musliar Kasim, Prof. Werry Darta Taifur dan Prof. Tafdil Husni.

Menurut Yuliandri, salah satu tugas perguruan tinggi adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan salah satunya bisa diwujudkan dengan terus berinovasi.

Ia mengungkapkan, saat ini Universitas Andalas berada pada ranking 14 universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings dan urutan 12 versi Webometrics Rankings

Universitas Andalas, kata Yuliandri, juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Dikti (Kemendikbudristek) sebagai PTN BLU yang mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 tertinggi.

Kemudian, lanjut dia, untuk kinerja riset dan inovasi 2022, Unand berada pada urutan ke sembilan dengan 128 departemen dan 1.430 peneliti.

“Bahkan pada April 2022, Universitas Andalas mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai perguruan tinggi dengan permohonan kekayaan intelektual terbanyak bidang paten dan desain industri,” ujarnya.

Lebih jauh Yuliandri menyampaikan, untuk memperkuat riset saat ini, tengah dibangun Laboratorium Sentral seluas 2.700 meter per segi dengan anggaran sebesar Rp67,8 miliar.

“Pada 2023 juga dianggarkan Rp140 miliar untuk pengadaan peralatan labor dan fasilitas penunjang bersumber dari Kemendikbudristek,” kata Yuliandri.

Semenetara, dalam mewujudkan transformasi pendidikan telah digagas kampus cerdas melalui pembangunan taman digital bekerja sama dengan PT Telkom.

Yuliandri menilai kecepatan perkembangan teknologi dan inovasi digital mengubah orientasi pengajaran dan pembelajaran.

Baca juga: Unand Wisuda 1.635 Lulusan, Rektor Yuliandri: Dedikasikan Ilmu Bantu Masyarakat

Oleh sebab itu, pihaknya ke depan akan memaksimalkan sistem digital serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan digital sebagai bekal lulusan menghadapi perubahan dunia kerja. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist