Di Tanah Datar Ninik Mamak Akan Mengajarkan Langsung Adat dan Budaya ke Sekolah

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Niniak Mamak di Tanah Datar akan terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk mengajarkan adat dan budaya.

Batusangkar, Padangkita.com – Kabupaten Tanah Datar bakal punya program untuk melestarikan adat dan budaya serta mewariskan ke generasi muda. Nama programnya akan dinamakan “Niniak Mamak Masuk Sekolah.

Program ini sesuai dengan kesepakatan bersama para niniak mamak saat rapat Kerapatan Adat Nagari (KAN) dengan pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Tanah Datar beberapa waktu lalu di Emersia Hote, Batusangkar.

Rencana program ini kembali diapungkan pengurus LKAAM Tanah Datar saat bersilaturrahmi dengan Bupati Tanah Datar Eka Putra di rumah dinas Indo Jolito, kemarin (30/3/2021).

Sekretaris LKAAM Tanah Datar Hardi Siswan Datuak Marah Banso menjelaskan, dasar usulan program itu, terkait dengan pelajaran Adat Alam Minangkabau (BAM) yang diajarkan di sekolah belum memadai.

“Yang diajarkan oleh guru sekolah yang tidak berasal dari daerah di mana tempat (sekolah) ia mengajar sehingga belum mencerminkan Adat Salingka Nagari,” kata Hardi Siswan.

Ke depan, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, diusulkan betul-betul niniak mamak sendiri yang mengajarkan adat Minangkabau kepada peserta didik di sekolah. Mengingat, Tanah Datar Luhak Nan Tuo merupakan pusat adat dan budaya. Tanah Datar diharapkan menjadi yang terdepan terkait persoalan adat dan budaya di Minangkabau.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi mengatakan, program “Niniak Mamak Masuk Sekolah” ini sedang dalam tahap persiapan silabus.

“Ke depan kami akan mendorong pihak sekolah untuk berkoordinasi dengan niniak mamak di nagari di mana sekolah berada untuk dijadikan narasumber atau pengajar,” ujarnya.

Terpopuler

Add New Playlist