Desa Wisata di Teluk Buo Padang Masuk 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Desa Wisata di Teluk Buo Padang Masuk 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Desa Wisata Teluk Buo berhasil masuk 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024. [Foto: dok Pariwisata Padang]

Padang, Padangkita.com - Kabar gembira datang dari dunia pariwisata Kota Padang, pasalnya, untuk pertama kalinya Desa Wisata Kota Padang berhasil menembus 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

Pengumuman 100 besar disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melalui media sosial Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, dirinya mengatakan bahwa Desa wisata memiliki potensi yang kuat dan berperan dalam pencapaian transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Menurutnya, pendekatan konsep Pariwisata Hijau dalam pengembangan desa wisata sangat relavan untuk diimplementasikan ADWI 2024.

"Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024 sudah melalui beragam tahap kurasi berdasarkan penilaian dewan juri. Mulai dari 500 besar dikerucutkan menjadi 300 besar dan kini pada tahap selanjutnya dengan bangga saya umumkan 100 Desa Wisata terbaik." ujarnya, Jumat (24/5/2024).

Dalam pengumuman tersebut ada 9 desa wisata terbaik dari Sumatra Barat yang masuk 100 besar, yakni 2 dari Pesisir Selatan, 2 dari Kabupaten Agam, Kabupaten Solok, Sijunjung, Padang Pariaman, Limapuluh Kota dan Kota Padang.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani mengungkapkan bahwa ini merupakan pencapaian luar biasa yang patut dibanggakan oleh masyarakat Kota Padang dan Sumatra Barat.

"Pencapaian ini patut disyukuri karena persaingan tahun ini semakin ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi tahun ini ada 6.016 desa wisata yang terdaftar ikut serta," terangnya.

Pencapaian ini bisa dibilang lebih baik dari sebelumnya, dimana pada Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 hanya 1 desa wisata yang lolos pada tahap 500 Besar.

"Alhamdulillah tahun ini 3 Desa Wisata dari Kota Padang berhasil masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata, lalu 1 diantaranya berhasil menembus 100 besar. Dan selangkah lagi menuju 50 besar terbaik," ujarnya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Yudi Indra Syani, Desa Wisata Teluk Buo telah menunjukkan perkembangan dan kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

"Masyarakat Desa Teluk Buo telah menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi dalam mengembangkan kawasan tersebut sebagai desa wisata," ujar Yudi.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Desa Teluk Buo, seperti pembenahan infrastruktur, peningkatan SDM, dan pengembangan destinasi wisata unggulan.

"Pemko Padang juga terus memberikan dukungan dan pembinaan kepada Desa Teluk Buo untuk mewujudkan mimpinya menjadi desa wisata mandiri," tambah Yudi.

Lebih lanjut dirinya juga memberikan apresiasi kepada Pertamina Integrated Terminal Teluk Kabung yang banyak terlibat dalam pengembangan desa wisata tersebut dengan berbagai program.

"Terima kasih kepada Pertamina yang melalui Program CSR nya telah banyak membantu masyarakat dalam pengembangan desa wisata Teluk Buo," ujarnya.

Pihaknya optimis bahwa dengan kerja keras dan kolaborasi yang solid antara masyarakat, pemerintah daerah, dan berbagai pihak terkait, Desa Teluk Buo dapat meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan.

"Kami berharap Desa Teluk Buo dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi desa-desa wisata lainnya di Kota Padang dan Sumatra Barat," tutur Yudi.

Yudi juga mengajak seluruh masyarakat Kota Padang untuk memberikan dukungan dan partisipasinya dalam mempromosikan Desa Wisata Teluk Buo.

Baca Juga: Targetkan Masuk 50 Besar ADWI 2024, Pemko Padang Resmikan DTW Kolam Hiu

"Mari kita bersama-sama dukung Desa Teluk Buo agar dapat menjadi desa wisata yang maju dan berkelanjutan," ajak Yudi.

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Baca Juga

Ini Daftar Lengkap Desa Wisata Terbaik yang Masuk Babak Akhir 50 Besar ADWI 2024
Ini Daftar Lengkap Desa Wisata Terbaik yang Masuk Babak Akhir 50 Besar ADWI 2024
Babak Akhir ADWI 2024, 3 Desa Wisata Sumbar Masuk 50 Besar dan Terbanyak di Sumatra
Babak Akhir ADWI 2024, 3 Desa Wisata Sumbar Masuk 50 Besar dan Terbanyak di Sumatra
Ini Dia 9 Desa Wisata Sumbar yang Tembus 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024
Ini Dia 9 Desa Wisata Sumbar yang Tembus 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024
34 Desa Wisata di Sumatra Barat Tembus 500 Besar ADWI 2024
34 Desa Wisata di Sumatra Barat Tembus 500 Besar ADWI 2024
Sesudut keindahan Desa Wisata Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman
Ini Daftar 13 Desa Wisata di Kota Pariaman yang Ikut ADWI 2024
Targetkan Masuk 50 Besar ADWI 2024, Pemko Padang Resmikan DTW Kolam Hiu
Targetkan Masuk 50 Besar ADWI 2024, Pemko Padang Resmikan DTW Kolam Hiu