Berita

Desa Cubadak Mentawai Pariaman Raih Anugerah Adhikarya Pangan Nusantara 2023

×

Desa Cubadak Mentawai Pariaman Raih Anugerah Adhikarya Pangan Nusantara 2023

Sebarkan artikel ini
Kepala Desa Cubadak Mentawai Azwirman bersama Wagub Sumbar Audy Joinaldy usai penyerahan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) 2023. [Foto: Diskominfo Pariaman]

Pariaman, Padangkita.com Desa Cubadak Mentawai mewakili Kota Pariaman menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2023 tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Desa Cubadak Mentawai meraih Harapan II, sebagai apresiasi atas upaya dan prestasi luar biasa yang dicapai dalam rangka perwujudan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy didampingi Direktur Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) Rachmad Firdaus di The ZHM Premiere Padang, Jumat (24/11/2023).

Adapun yang menerima penghargaan adalah Kepala Desa Cubadak Mentawai Azwirman didampingi Plt. Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Pariaman Anilta.

Usaia menerima penghargaan, Anilta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Sumbar atas penghargaan dan pembinaan ketahanan pangan.

Menurut dia, Desa Cubadak Mentawai memang memiliki potensi di bidang pertanian dan agrowisata yang salah satunya mempunyai peran dalam mendukung ketahanan pangan.

Sejauh ini, ata Anilta, kondisi Desa Cubadak Mentawai masih terjaga keasriannya dengan kegiatan masyarakat yang bergerak di bidang pertanian secara umum. Kemudian, potensi alam yang masih tersedia untuk lahan pertanian sangat mendukung kegiatan kemandirian angan di tingkat desa.

“Areal sawah yang ada di Desa Cubadak Mentawai (Dusun Sawah Haru) telah menjamin ketersediaan pangan yang cukup, beragam, bergizi, seimbang dan aman, baik pada tingkat desa sampai ke tingkat rumah tangga, sehinggga kerawanan pangan di desa ini dapat diatasi,” ungkapnya.

Dan, hal inilah menjadi dasar kuat dalam penilaian indikator mendapat anugerah Adhikarya Pangan.

Baca juga: Penerima Bantuan Beras CPP di Kota Pariaman Bertambah Jadi 5.628 Orang

“Semoga ke depannya di Kota Pariaman melalui berbagai penyuluhan dan pembinaan kita bisa capai standar terbaik lagi dalam bentuk ketahanan pangan masyarakat,” ungkap Anilta. [*/pkt]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News