Datang ke Ranah Minang, Ketua MK RI Diberi Gelar Datuak Rajo Alam Batuah, Sangsako Suku Caniago

Penulis: Zulfikar Efendi

Lubuk Basung, Padangkita.com – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Anwar Usman dianugerahi gelar sangsako dari Suku Caniago Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam. Gelar yang ia dapatkan yaitu Datuak Rajo Alam Batuah.

Prosesi pengangkatan gelar sangsako itu dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Pasia Laweh. Saluak dan keris untuk Datuak Rajo Alam Batuah dipasangkan langsung oleh KAN Pasia Laweh, Sabtu (28/8/2021).

Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arifin mengatakan, gelar sangsako tersebut diberikan kepada orang yang telah berjasa kepada nagari.

Selain itu, kata Zul, kaum dari Suku Caniago Pasia Laweh juga menilai Ketua MK RI, Anwar Usman yang kini bergelar Datuak Rajo Alam Batuah telah berjasa ke nagari, yaitu menjadikan nagari Pasia Laweh sebagai Nagari Konstitusi.

“Bahkan, Pasia Laweh ini merupakan Nagari Konstitusi pertama di Pulau Sumatra dan keempat di Indonesia,” ujar Zul.

Ditegaskan Zul, gelar sangsako yang diberikan kepada Anwar Usman itu bukan asal langsung diberikan. Tapi, sudah merupakan hasil musyawarah dan mufakat anak kemenakan, sumando manyumando, hingga niniak mamak Suku Caniago dan KAN.

Baca juga: Pasia Laweh Agam Jadi Nagari Konstitusi, Ketua MK: Sudah Sewajarnya Ranah Minang Jadi Role Model

“Ini adalah gelar sangsako dari kami, kaum Datuak Parpatiah yang juga saya pangku sekarang. Rajo tampek panutan bagi masyarakat, alam di mana bumi dipijak dan batuah tersiarkan,” kata Zul. [*/zfk]


Terpopuler

Add New Playlist