Data BPBD: Tidak Ada Laporan Kerusakan dan Korban Akibat Gempa M 5,9 di Mentawai

Tuapejat, Padangkita.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai menyatakan, hingga saat ini, tidak ada laporan terkait kerusakan dan korban jiwa akibat gempa magnitudo 5,9 yang mengguncang daerah itu, Selasa (3/8/2021) pagi tadi.

“Berdasarkan laporan terakhir dari tim Pusdalop (Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD), tidak ada laporan kerusakan rumah dari masyarakat, termasuk korban jiwa. Sampai saat ini juga belum ada laporan kerusakan (fasilitas publik),” ujar Kepala BPBD Kepulauan Mentawai, Novrial, saat dihubungi Padangkita.com, siang.

Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan pembaharuan data berdasarkan informasi yang didapatkan di lapangan.

Novrial menjelaskan, saat terjadi gempa, tidak ada masyarakat yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Masyarakat hanya berlarian ke luar rumah saat gempa terjadi.

“Kondisi saaat ini aman. Tidak ada lagi gempa susulan. Masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing,” sebutnya.

Sebelumnya diberitakan gempa dengan kekuatan 5,9 guncang Mentawai pada pukul 05.48 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, episenter gempa terletak pada koordinat 3,23 Lintang Selatan dan 100,11 Bujur Timur.

Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 135 kilometer arah barat daya Kota Mukomuko, Bengkulu pada kedalaman 21 kilometer.

Gempa dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Gempa 5,9 Guncang Mentawai, Dipicu Aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia

Berdasarkan informasi dari BMKG, hingga pukul 06:30 WIB, ada 2 aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo 5,4 dan 3,6. [fru]

Terpopuler