Dalam Sebulan, Sumbar Dipimpin 4 Gubernur Silih Berganti

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sepanjang bulan Februari ini, Sumbar telah dipimpin oleh empat Gubernur dengan status yang berbeda

Padang, Padangkita.com – Kini, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) telah punya Gubernur dan Wakil Gubernur definitif menyusul dilantiknya Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy hari ini (25/2/2021).

Namun, sepanjang bulan Februari ini, Sumbar telah dipimpin oleh empat Gubernur dengan status yang berbeda. Mereka yaitu Gubernur Irwan Prayitno, lalu Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Alwis sebagai Pelaksana harian Gubernur, kemudian Staf Ahli Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Hamdani sebagai Penjabat Gubernur, dan kini gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Berdasarkan catatan Padangkita.com, Irwan memimpin Sumbar hingga 12 Februari 2021 karena masa jabatannya berakhir. Dengan demikian, sepuluh tahun sudah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memimpin Sumbar.

Setelah masa jabatan Irwan berakhir, Sumbar pun dipimpin oleh Alwis sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumbar. Dia diangkat berdasarkan arahan Mendagri. Sekda Provinsi Sumbar itu pun menjabat hingga 18 Februari 2021.

Setelah itu, Sumbar kembali dipimpin oleh gubernur yang baru. Kali ini Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan di Kemendagri Hamdani. Yang bersangkutan memimpin Sumbar sebagai Penjabat Gubernur Sumbar hingga 25 Februari 2021.

Baca Juga: Jokowi Lantik Mahyeldi-Audy Sebagai Gubernur dan Wagub Sumbar Hari Ini

Setelah Hamdani, Sumbar lalu dipimpin oleh Mahyeldi yang merupakan calon gubernur Sumbar terpilih dari hasil Pilgub Sumbar.

Dia dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada hari ini, 25 Februari, untuk masa jabatan gubernur Sumbar 2021-2024. Dia dilantik bersama Audy Joinaldy selaku Wakil Gubernur Sumbar. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist