Dalam Enam Hari Sumbar Diguncang Sembilan Kali Gempa, Ini Penyebabnya Menurut BMKG Padang Panjang 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang merilis data sepekan aktivitas gempa yang terjadi di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) selama hampir sepekan belakangan.

Dalam keterangan resminya di kanal Facebook, BMKG Padang Panjang merilis, terdapat total 9 kejadian gempa bumi pada periode 14- 20 Januari 2022.

“Assalamualaikum dunsanak BMKG… Berikut kami sampaikan infografis aktivitas gempa bumi wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya, periode 14 – 20 Januari 2022. Silahkan disimak ya dunsanak..” tulis pemberitahun tersebut yang dirilis, Sabtu (23/1/2022) malam. 

BMKG merinci, frekuensi gempa bumi terbanyak terjadi pada tanggal 19 Januari 2022, sebanyak 3 kejadian.

semua gempa  tersebut berlokasi di laut dengan kedalaman dangkal (< 30 Km). Magnitudo terbesar M-4.9 dan terkecil M=3.1.

“Meskipun guncangan tercatat hingga M-4.9, namun gempa bumi tidak dirasakan masyarakat pada periode Ini,” lanjut pengumuman tersebut. 

Baca Juga : Banten Diguncang Gempa Bumi M 6,7, Rumah Warga di Pandeglang Dilaporkan Rusak

BMKG mengklaim, gempa bumi terjadi akibat aktivitas pertemuan antar Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-australia di Zona Subduksi dan akibat aktivitas sesar Sumatera. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist