Berita

Dalam Dua Hari, 36 Warga Pasbar Dinyatakan Terkonfirmasi Positif Covid-19

×

Dalam Dua Hari, 36 Warga Pasbar Dinyatakan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi: Canva.com/photocreo

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak 17 orang warga Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) hari ini dinyatakan positif Covid-19. Total hingga hari ini, Sabtu (10/7/2021), ada sebanyak 1.247 kasus positif dan 1.041 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data yang diberikan dari Gugus Tugas Covid-19, perkembangan kasus setiap harinya terus bertambah. Seperti halnya Jumat (9/7/2021) kemarin, ada 19 orang warga Pasbar juga dinyatakan positif Covid-19 sementara pasien sembuh hari ini ada sebanyak sembilan orang.

“Dalam dua hari ini ada total 36 orang warga kita yang dinyatakan positif Covid-19. Sehingga total warga yang masih menjalani perawatan ada sebanyak 130 orang dan meninggal dunia sebanyak 76 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasbar, Gina Alecia di Simpang Empat, Sabtu (10/7/2021) sore.

Menurutnya, jumlah itu berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan pada Puskesmas Sasak, Puskesmas Ophir, dan Puskesmas Sukamenanti pada 8 Juli 2021 kemarin. Kemudian, dari hasil tes swab di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Simpang Empat dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasbar pada 9 Juli 2021 kemarin.

“Saat ini kita juga telah melakukan langkah cepat proses tracking untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat,” ujarnya.

Dari 17 pasien yang dinyatakan positif pada hari ini, lima orang di antaranya telah dirawat di RSUD Pasbar dan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Simpang Empat.

“Kelima pasien itu adalah perempuan inisial D, 68 tahun, perempuan inisial E, 55 tahun, perempuan inisial HS, 38 tahun, perempuan inisial W, 25 tahun dan laki-laki inisial SL, 69 tahun,” sebut Gina.

Kemudian, 12 orang pasien lainnya saat ini masih menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Pasbar dan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Simpang Empat. Berikut daftar pasien yang tengah menjalani pemeriksaan kesehatan tersebut:

1. Laki-laki inisial TH, 53 tahun warga Blok A Ophir Tengah Kecamatan Luhak Nan Duo, merupakan pasien suspek Covid-19.

2. Laki-laki inisial S, 66 tahun warga Dusun Budi Luhur Jambak, Kecamatan Pasaman, merupakan kontak erat kasus konfirmasi positif sebelumnya.

3. Perempuan inisial JM, 60 tahun warga Dusun Budi Luhur Jambak Kecamatan Pasaman, merupakan kontak erat kasus konfirmasi positif sebelumnya.

4. Perempuan inisial BMS, 8 tahun warga Dusun Budi Luhur Jambak Kecamatan Pasaman, merupakan kontak erat pasien konfirmasi positif sebelumnya.

5. Laki-laki inisial I, 79 tahun warga Ophir Blok A Kecamatan Luhak Nan Duo, merupakan pasien Suspek Covid-19.

6. Laki-laki inisial UW, 33 tahun warga Dusun Budi Luhur Jambak Kecamatan Pasaman, merupakan kontak erat pasien konfirmasi positif sebelumnya.

7. Perempuan inisial RA, 30 tahun warga Jorong Kampung Cubadak Kecamatan Pasaman, merupakan kontak erat pasien konfirmasi positif sebelumnya.

8. Perempuan inisial W, 25 tahun warga Jorong Sukomananti Kecamatan Pasaman, merupakan pasien Suspek Covid-19.

9. Laki-laki inisial S, 55 tahun warga Jorong Pasaman Baru Kecamatan Pasaman, merupakan kontak erat kasus konfirmasi positif sebelumnya.

10. Perempuan inisial HY, 62 tahun warga Jorong Pasaman Baru Kecamatan Pasaman, merupakan kontak erat kasus konfirmasi positif sebelumnya.

11. Laki-laki inisial NK, 25 tahun warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman, merupakan OTG dan diduga kontak dengan kasus positif.

12. Perempuan inisial CNS, 25 tahun warga KKN Kampung Pasir Kecamatan Pasaman, merupakan pasien suspek Covid-19.

“Mari kita saling bekerja sama dalam menghambat laju penularan Covid-19 ini dengan selalu bersikap kooperatif serta selalu bersikap tenang dan mohon dukungan seluruh masyarakat,” imbau Gina.

Baca Juga: Ikhtiar Akhiri Pandemi Covid-19, Kemenag Sumbar Panjatkan Doa Lewat Hening Cipta Indonesia

Disampaikan, saat ini sudah seharusnya masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan 6M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan melaksanakan vaksinasi. [rom/fru]