Dahsyatnya Sapuan Tsunami Tonga Mencapai Jepang 

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com- Tsunami Tonga yang dipicu letusan gunung berapi bawah laut, Hunga Tonga-Hunga Haʻapai di Tonga, Pasifik, ternyata mencapai wilayah Jepang meski dalam skala kecil.

Begitu dahsyatnya letusan awal delapan menit sampai terdengar seperti suara guntur yang keras di Fiji, yang letaknya lebih dari 800 km jauhnya, menurut pejabat di ibu kota, Suva.

Dilansir Japan Today, pantai Pasifik Jepang kemudian dihantam tsunami pada Minggu pagi. Tsunami itu mampu membalikkan sejumlah kapal di prefektur Kochi. Badan Meteorologi Jepang mengatakan tsunami setinggi 3 meter diperkirakan melanda beberapa pulau barat daya Jepang termasuk Pulau Amami serta prefektur timur laut Iwate.

Tsunami 1,2 meter diamati di kota Amami sesaat sebelum Sabtu tengah malam, sementara tsunami 1,1 meter tiba di Prefektur Iwate pada pukul 2:26 pagi hari Minggu.

Namun pada hari Minggu, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengatakan, ancaman tsunami lebih lanjut telah surut, meski demikian daerah pesisir harus tetap waspada terhadap arus yang kuat atau tidak biasa.

Amerika Serikat dan Jepang sebelumnya memperingatkan orang-orang untuk menjauh dari daerah pesisir.

Baca Juga : BMKG : Tsunami Tongo Tidak Berdampak ke Wilayah Indonesia 

Terbukti tsunami Tonga yang diakibatkan meletusnya gunung berapi bawah laut, Hunga Tonga-Hunga Haʻapai di Tonga, Pasifik itu ternyata mencapai Jepang. [*/Pkt]

Terpopuler

Add New Playlist