Daftar Film tentang Kehidupan Ratu Elizabeth II

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) dalam usia 96 tahun. Selama memimpin Inggris, kehidupannya banyak menjadi sorotan. Kisah sang Ratu diabadikan melalui berbagai media, seperti buku, lukisan hingga film.

Berikut beberapa film dan serial tentang kehidupan Ratu Elizabeth II:

1. The Crown

Serial The Crown yang tayang di netflix ini mengisahkan kehidupan Ratu Elizabeth II.

Serial The Crown sendiri merupakan karya fiksi yang terinspirasi dari berita-berita terkait Kerajaan Inggris sejak dulu.

Di musim pertama dan kedua, dikisahkan tentang kehidupan sang Ratu selama masih muda. Elizabeth muda diperankan oleh Claire Foy.

Sedangkan pada musim ketiga dan keempat kisah berlanjut saat Elizabeth sudah lebih berumur. Olivis Colman dipercaya memerankan karakter Elizabeth II.

Pada musim ketiga itu dikenalkan sosok Pangeran Charles yang diperankan oleh Josh O’Connor.

Musim kelima setting beralih di masa akhir tahun 1980-an. Pada musim ini, muncul karakter Diana.

2. The Queen

The Queen merupakan film biografi yang tayang pada 2006. Film berlatar tahun 1990-an ini menunjukkan sisi karismatik Ratu Elizabeth II.

Helen Mirren sukses memerankan karakter sang Ratu dengan apik. Bahkan ia diganjar piala Oscar dan Bafta sebagai aktris terbaik.

Disutradari Stephen Frears dengan Peter Morgan sabagai penulis naskah, film ini mendapat kritik posoyif dari berbagai kalangan.

Beberapa bintang ternama juga turut bermain dalam film biografi ini. Mereka adalah Michael Sheen. James Cromwell, Helem McCrory dan Sylvia Syms.

3. The Majestic Life of Queen Elizabeth II

Film dokumenter ini berdurasi sekitar 90 menit. The Majestic Life of Queen Elizabeth II merekam jejak kehidupan Ratu berdasarkan arsip yang tersimpan.

Disajikan secara apik, penonton disajikan lika-liku kehidupan Ratu Elizabeth II mulai dari meninggalnya sang ayah Raja George VI.

Dikisahkan pula meninggalnya Lady Diana hingga pernikahan anak pertama Pangeran William dengan Kate Middleton.

Dengan menyaksikan film dokumenter The Majestic Life of Queen ini, kita bisa mengenal Ratu Elizabeth II.

4. A Royal Night Out

Sutradara Julian Jarrold dan penulis naskag Trevor de Silva dan Kevin Hood mengajak penonton lebih dekat dengan Ratu Elizabeth melalui film.

A Royal Night Out mengisahkan masa muda saat belum menyandang status Ratu.

Kehidupan Putri Elizabeth yang masih belia diperankan oleh Sarah Gordon.

Seperti remaja putri pada umumnya, Elizabeth muda juga sangat antusias menjalani kehidupannya. Meski saat itu kondisi dunia sedang tak baik-baik saja, karena perang dan pertikaian politik.

Dalam A Royal Night Out ini, ditunjukkan juga hubungan dekat sang Ratu dengan adiknya, Putri Margaret (Bel Powley). Mereka juga melakukan petualangan keluar Istana Buckingham.

5. Elizabeth: A Potrait in A Part(s)

Film dokumenter Elizabeth: A Potrait in A Part(s) dirilis untuk merayakan 70 tahun kekuasaan Ratu Elizabeth II.

Film ini menyoroti peristiwa dan momen penting saat Ratu menyampaikan aspirasinya sebagai pemimpin tertinggi Kerajaan.

Ditampilkan bagaimana sang ratu mengambil kebijakan penting untuk kepentingan rakyat, hingga peran negara-negara Persemakmuran Inggris di Luar wilayah Kerajaan. Film dokumenter ini disutradarai oleh Roger Michell.

Profil Ratu Elizabeth II

Elizabeth Alexandra Mary lahir di Bruton Street, London pada 21 April 1926. Ia mendapatkan gelar Princess Elizabeth of York.

Elizebeth naik tahkta di usia 25 tahun, tepatnya pada 2 Juni 1953. Ia menggantikan ayahnya Raja George VI yang meninggal dunia karena sakit.

Sang Ratu menikah dengan Pangeran Philip pada 20 November 1947. Mereka menikah pada usia yang masih muda. Saat itu Elizabeth masih berusia 21 tahun, sedangkan Philip berusia 26 tahun. Keduanya menjalani kasih selama 74 tahun. Pangeran Philip meninggal dunia pada 2021 lalu.

Baca juga: Diisukan Turun Tahta Diusia 95 Tahun, Ini Alasan Ratu Elizabeth Tetap Bertahan Sebagai Penguasa Monarki

Ratu Elizabeth II menjadi penguasa Kerajaan Inggris terlama dalam sejarah, yaitu selama 70 tahun 214 hari. Ia juga menjadi penguasa kedua terlama dalam sejarah dunia yang pernah tercatat, selisih dua tahun dari Louis XIV yang menguasai Prancis dari 1643 hingga 1715. [*/TI/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist