Daftar 10 Jembatan Terpanjang di Indonesia, Jembatan Batam – Bintan Bakal Jadi Nomor 1

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Indonesia punya kandidat jembatan terpanjang mengalahkan panjang jembatan yang telah ada sebelumnya. Calon jembatan terpanjang di Indonesia ini adalah Jembatan Batam – Bintan di Kepulauan Riau (Kepri) yang memiliki panjang total 14,74 km.

Proyek jembatan terpanjang di Indonesia ini masuk salah satu dari 8 proyek jalan tol yang telah ready to offer atau siap ditawarkan pada tahun 2022.

Menurut Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna nilai investasi Jembatan Batam – Bintan mencapai Rp14,12 triliun.

Baca juga: Jembatan Terpanjang di Indonesia Ini Masuk Daftar Proyek Ditawarkan 2022, Invetasi Rp14,12 Triliun

Nah, sebelum jembatan proyek tersebut terwujud mana saja jembatan terpanjang di Indonesia?

Saat ini rekor jembatan terpanjang di Indonesia disematkan pada Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya – Madura, di Jawa Timur. Jembatan Suramadu yang merupakan singkatan Surabaya – Madura, dibangun di atas Selat Madura.

Pembangunannya butuh waktu 6 tahun, dimulai tahun 2003 dan rampung tahun 2009. Panjang jembatan Suramadu adalah 5.438 meter dan lebar 30 meter.

Selain Jembatan Suramadu, Indonesia juga punya jembatan yang masuk jembatan terpanjang. Berikut daftar 10 jembatan terpanjang di Indonesia, sebagaimana dikutip Padangkita.com dari berbagai sumber:

Jembatan Suramadu

Jembatan Nasional Suramadu memiliki panjang total 5.438 meter dengan lebar 30 meter. Jembatan ini terletak di Jawa Timur (Jatim), membentang di atas Selat Madura.

Jembatan Suramadu saat malam hari. [Foto; Dok. Bina Marga PUPR]
Operasi Jembatan Suramadu diresmikan pada Juni 2009. Jembatan ini terdiri dari jalan layang, jembatan penghubung dan jembata utama.

Jembatan Pasupati

Jembatan Pasupati berada di bagian Utara dan Timur Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). Jembatan ini memiliki  panjang 2.147 meter dan lebar 21,53 meter.

Jembatan Pasupati. [Foto: Bandung.go.id]
Operasional jembatan ini diresmikan pada Juni 2005. Jembatan ini melewati Lembah CIkapundung.

Jembatan Siak IV

Jembatan Siak IV punya nama resmi Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan ini membentang di atas Sungai Siak, Kabupaten Siak, Riau dengan total panjang 1.196 meter dan lebar 16.95 meter.

Jembatan Siak IV. [Foto: Mediacenter Pemkab Siak]
Operasional jembatan ini diresmikan pada tahun 2007. Jembatan ini punya dua Menara yang tingginya mencapai 80 meter. Menara ini digunakan untuk tempat wisata. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan Sungai Siak dari Menara ini.

Baca juga: Indonesia Bakal Punya Jembatan Kaca Pertama, Ditarget Rampung Akhir September Mendatang

Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih membentang di atas Teluk Dalam, Pulau Ambon. Maluku. Jembatan ini memiliki panjang total 1.140 meter dengan lebar 22,5 meter.

Jembatan Merah Putih, Ambon. [Foto: Dok. Dinas Pariwisata Maluku]
Operasional jembatan ini diresmikan pada tahun 2016. Jembatan ini terbagi tiga bagian, yakni sisi Utara sepanjang 520 meter, sisi Selatan sepanjang 320 meter, dan jembatan utama 300 meter. Jembatan Merah Putih menghubungkan Ambon Utara dengan Ambon Selatan di Kecamatan Teluk Ambon.

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera membentang di atas Sungai Musi, Kota Pelambang, Sumatra Selatan (Sumsel). Jembatan Ampera memiliki panjang total 1.117 meter dan lebar 22 meter. Tinggi jembatan ini mencapai 11,5 meter di atas permukaan laut, dan tinggi Menara mencapai 63 meter.

Jembatan Ampera Palembang. [Foto: Pelmbang go.id]
Jembatan Ampera dibangun tahun 1962 dan diresmikan pada September 1965. Biaya pembangunan jembatan ini berasal dari harta rampasan perang Jepang. Jembatan ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dengan Seberang Ilir yang terpisah oleh Sungai Musi.

Jembatan Barito

Jembatan Barito memiliki panjang total 1.082 meter dan lebar 10,37 meter. Jembatan ini membentang di atas Sungai Barito, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Operasional jembatan ini diresmikan pada April 1997 oleh Presiden Soeharto. Ketika itu jembatan ini masuk Rekor Muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

Jembatan Barito. [Foto: Dok. Pemprov Kalsel]
Jembatan Barito berfungsi sebagai penghubung antara Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Jembatan ini juga mentadi destinasi wisata di Kabupaten Barito Kuala, Banjarmasin dan Kalimntan Selatan.

Jembatan Mahakam Ulu (Mahulu)

Jembatan Mahakam Ulu atau Mahulu memiliki panjang total 789 meter dengan lebar 11 meter di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Jembatan Mahatma Ulu (Mahulu). [Foto: Dok. Bappeda Kota Samarinda]
Operasional Jembatan Mahakam Ulu diresmikan pada Juli 2009. Jembatan ini membentang di atas Sungai Mahakam yang menghubungkan Kota Samarinda dan Samarinda Seberang.

Jembatan Rumpiang

Jembatan Rumpiang memiliki panjang 753 meter, terletak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Jembatan ini menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kota Muarabahan.

Jembatan Rumpiang. [Foto: Dok. Pemprov Kalsel]
Operasional Jembatan Rumpiang diresmikan pada April 2008. Jembatan ini membentang di atas Sungai Barito.

Jembatan Kutai Kartanegara (Mahakam II)

Jembatan Kutai Kartanegara II memiliki nama resmi Jembatan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Jembatan ini memiliki panjang 710 meter. Jembatan ini membentang di atas Sungai Mahakam, Kota Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Jembatan Kutai Kartanegara. [Foto: Dok. Humas Kabupaten Kukar]
Operasional Jembatan Kutai Kartanegara ing Martadipura diresmikan pada tahun 2001. Namun pada 26 November 2011 jembatan ini runtuh, dan kemudian dibangun lagi.

Jembatan Barelang

Jembatan Barelang memiliki nama resmi Jembatan Tengku Fisabilillah, memiliki panjang total 642 meter. Jembatan ini terletak di Pulau Batam, Kepulauan Riau.

Jembatan Barelang diresmikan pada tahun 1998. Barelang sendiri berasal dari suku kata awalan pulu yang terhubung oleh jembatan tersebut. Barelang: Pulau Ba-tam, Pulau Re-mpang dan Pulau Ga-lang.

Jembatan Barelang. [Foto: Dok. BP Batam]
Namun, secara umum jembatan ini menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Baca juga: Melihat Pembangunan Jembatan Kaca Pertama di Indonesia, Apakah Aman?

Demikian daftar 10 jembatan terpanjang di Indonesia. Apakah Jembatan Batam – Bintan segera menjadi yang nomor satu di Indonesia? [*/pkt]  

Terpopuler

Add New Playlist