Curat dan Curanmor Mendominasi Kasus Kriminal di Padang Panjang selama 2022

Penulis: Redaksi

Padang Panjang, Padangkita.com – Polres Padang Panjang menggelar konferensi terkait pelaksana tugas sejak Januari hingga Desember 2022 di Lobby Mapolres Padang Panjang pada Sabtu (31/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Padang Panjang AKBP Donny Bramanto memulai konfrensi pers dari pelaksanaan tugas Satuan Reserse Kriminal sepanjang Tahun 2022.

“Untuk Reskrim, pada tahun 2022 terjadi penurunan 23 persen, yang mana pada tahun sebelumnya terjadi tindak pidana sebanyak 199 kasus dan pada tahun 2022 menjadi 153 kasus,” terangnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, kasus pidana didominasi oleh pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

“Pada tahun 2021 terjadi kasus curat sebanyak 50 kasus dan kasus curanmor sebanyak 41 kasus, sedangkan pada tahun 2022 untuk kasus curat menjadi 26 kasus dan curanmor menjadi 30 kasus, dengan demikian kedua kasus tersebut menurun pada tahun 2022,” sambungnya.

Sementara itu untuk narkoba, Polres Padang Panjang berhasil ungkap kasus sebanyak 25 kasus dengan 39 tersangka.

“Jumlah kasus yang diungkap sama dengan tahun 2021 namun jumlah tersangka meningkat dibanding sebelumnya 35 orang,” terangnya.

Sebagai kawasan perlintasan, kasus kecelakaan lalu lintas ternyata cukup menonjol di Padang Panjang.

Pada tahun 2022 setidaknya terjadi 133 kasus laka lantas dimana mayoritas melibatkan kendaraan sepeda motor dengan faktor penyebab kelalaian (human).

“Angka ini meningkat dibanding tahun 2021 sebanyak 119 kasus. Tahun ini 18 orang meninggal dunia akibat laka lantas dengan kerugian materil mencapai Rp849.900.000,” paparnya.

Kapolres menjelaskan, konferensi pers ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka mengabarkan kepada masyarakat sejauh mana kinerja Polri berhasil menangani kasus.

Baca Juga : Polres Padang Panjang Pastikan Perayaan Natal Berjalan Aman dan Kondusif

“Melalui media yang ada untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan polri dalam penanganan kasus dan sekaligus untuk memberikan ruang kepada publik untuk memberikan saran masukan kepada demi pemeliharaan keamanan yang lebih baik,” pungkasnya. [hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist