Cerdik, Pemerintah China Tidak Izinkan TikTok Dijual Kepada AS

Penulis: Sonia

Berita viral terbaru: Pemerintah China meneluarkan aturan penjualan saham TikTok. Tidal bisa dijual tanpa seizin pemerintah.

Padangkita.com – Tersiar kabar jika Microsoft berniat membeli saham TikTok, namun ByteDance tidak bisa menjual TikTok tanpa persetujuan Pemerintah China.

Ini artinya, upaya Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menguasai TikTok yang beroperasi di AS akan terganjal. Sebab Pemerintah China tidak menyetujui langkah tersebut.

Pemerintah China memberlakukan langkah tersebut di bawah batasan baru terkait ekspor teknologi kecerdasan buatan (AI) seperti pengenalan teks dan ucapan serta teknologi yang menganalisis data untuk membuat rekomendasi konten yang dipersonalisasi.

Batasan itu ditambahkan ke daftar revisi produk pengawasan ekspor yang diterbitkan di situs web Kementerian Perdagangan Jumat malam (28/8).

“Izin pemerintah akan diperlukan untuk transfer ke luar negeri untuk “menjaga keamanan ekonomi nasional,” kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut seperti dikutip Bloomberg. 

Pembatasan baru mencakup teknologi yang digunakan ByteDance di TikTok, akan membuat Bytedance harus meminta persetujuan pemerintah untuk kesepakatan apa pun.

Menurut si sumber, aturan baru itu bertujuan untuk menunda penjualan dan bukan larangan langsung.

Pemerintahan Presiden Donald Trump mengatakan ByteDance harus menjual operasional TikTok di AS karena dugaan risiko keamanan nasional.

Microsoft Corp dan Oracle Corp. telah mengajukan tawaran kepada ByteDance untuk mengakuisisi bisnis TikTok di AS.

Baca juga: Mulai Tua, 7 Artis Hollywood Ini Tetap Punya Gaya Seksi

Sementara Centricus Asset Management Ltd. dan Triller Inc. dikatakan telah membuat penawaran pada menit terakhir pada hari Jumat untuk membeli operasi TikTok di beberapa negara seharga US$ 20 miliar.

Cui Fan, pakar perdagangan dan profesor di Universitas Bisnis Internasional dan Ekonomi Beijing, mengatakan kepada Kantor Berita resmi Xinhua, ByteDance harus mempelajari daftar ekspor baru.