Cegah Stunting, Orang Tua Mesti Rutin Bawa Anak ke Posyandu

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pasaman Barat, Fitri Risnawanto melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan Posyandu Terpadu. Monev kali ini dilakukan di Kecamatan Lembah Melintang.

Di Kecamatan Lembah Melintang ini ada tiga lokasi dilaksanakannya Posyandu, yaitu di Posyandu Anggrek Guguk Sorik Jorong Koto Sawah, Posyandu Kaktus Kampung Joring, Jorong Koto Sawah dan Posyandu Aglonema Dusun Koto Rajo, Jorong Koto Sawah, Kecamatan Lembah Melintang.

Dalam sambutannya, Fitri Risnawanto mengingatkan agar para orangtua Balita tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 setiap beraktifitas diluar rumah, termasuk saat ke Posyandu. Karena saat ini pandemi Covid-19 masih ada sehingga perlu diwaspadai semua pihak. 

“Alhamdulillah, antusias ibu-ibu sudah terlihat ada peningkatan membawa balitanya ke Posyandu. Ini artinya mereka sudah sadar bahwa setiap bulannya harus memantau tumbuh kembang anak-anak. Mulai dari tinggi badan, berat badan dan perkembangan lainnya. Namun, harus gunakan masker ya ibu-ibu,” katanya dengan didampingi oleh pengurus TP PKK kabupaten itu.

Pada kesempatan itu, Fitri Risnawanto juga membagikan masker kepada orang tua Balita yang tidak menggunakan masker sebelum melakukan penimbangan Balita serta pemberian vitamin A. 

“Pelaksanaan posyandu sudah baik, ada tempat cuci tangan dan imbauan agar mematuhi peraturan pemerintah dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Saya harapkan, untuk pelaksanaan posyandu ke depan dengan tetap menggunakan masker ya ibu-ibu. Karena kita masih dalam suasana pandemi Covid-19,” imbaunya.

Selain itu, Ia juga meminta agar kader-kader Posyandu tidak lelah untuk mengajak masyarakat yang memiliki Balita agar datang ke posyandu. Tujuannya supaya perkembangan balita dapat terpantau setiap saat.

Baca Juga : Berharap Zero Stunting di Kabupaten Pasbar, Orang Tua Dituntut ke Posyandu

“Jika ada masalah dengan balita kita, maka bisa cepat kita tangani dengan melakukan koordinasi yang baik dengan lintas sektor. Makanya, setiap bulan pantau perkembangan balita kita demi mencegah stunting juga,” ungkapnya. [rom/Pkt]

Terpopuler

Add New Playlist