Berita

Cegah Penyebaran Rabies, Pemko Padang Bagikan Vaksin Gratis untuk Hewan

×

Cegah Penyebaran Rabies, Pemko Padang Bagikan Vaksin Gratis untuk Hewan

Sebarkan artikel ini

Padang, Padangkita.comPemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Pertanian menggencarkan vaksinasi rabies untuk mencegah penyebaran penyakit rabies pada hewan dan manusia.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani mengatakan, pihaknya membagikan vaksin rabies secara gratis kepada pemilik hewan.

“Kita mulai membagikan vaksin rabies mulai hari Rabu (27/9/2023) di Pauh dan dilakukan selama lima hari kedepan hingga 1 Oktober mendatang,” ujarnya, Kamis (28/9/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, sebanyak 500 vaksin telah disiapkan pihaknya untuk pembagian di Kecamatan Pauh yang disebar di 4 tempat berbeda.

“Kita punya 1000 vaksin siap untuk dibagi. Untuk Pauh kita siapkan sebanyak 500 dosis yang disebar di Kelurahan Limau Manis, Kapalo Koto, Binuang Kampung Dalam, serta di Pisang,” sambungnya.

Yoice mengimbau kepada warga yang memiliki hewan peliharaan untuk sesegera mungkin melakukan vaksinasi. Hal ini guna mengantisipasi menyebarnya rabies pada hewan.

“Kami mengimbau warga untuk segera memvaksin hewan peliharaannya dan juga untuk mengikatnya, agar kejadian anjing menggigit orang tidak kembali terjadi,” imbau Kadis Pertanian.

Ia mengatakan, vaksin gratis ini diberikan untuk menekan angka kasus penyakit rabies di Kota Padang.

Selain itu, untuk mengantisipasi kasus gigitan hewan seperti anjing liar yang terkena rabies dan dapat menular kepada manusia.

“Untuk itu kami gencarkan pemberian vaksin rabies ini,” jelasnya.

Ia mengimbau, masyarakat yang memiliki hewan peliharaan bisa mendatangi lokasi vaksin dengan membawa hewan peliharaan mereka untuk disuntik dengan vaksin rabies.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Pertanian Kota Padang, sebanyak 20 ekor hewan divaksinasi rabies di Kelurahan Limau Manis pada Rabu kemarin.

Dari 20 hewan itu, 2 ekor di antaranya yakni anjing dan 18 ekor kucing. Kemudian di Kapalo Koto sebanyak 29 ekor kucing.

Di Kelurahan Binuang Kampung Dalam sebanyak tiga ekor anjing telah divaksin. Sementara di Kelurahan Pisang sebanyak 2 ekor anjing divaksin dan 13 ekor kucing telah divaksinasi.

Baca Juga: 16 Warga Padang Digigit Hewan Penular Rabies, Distan Sediakan 1.500 Dosis Vaksinasi HPR

“Pada hari Kamis ini vaksinasi rabies kita pusatkan di Kelurahan Limau Manis, vaksinasi dilaksanakan hingga 1 Oktober mendatang,” pungkas Kadis Pertanian. [*/hdp]

Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.