Cari Ketua Baru, KONI Pasbar Mulai Buka Pendaftaran 

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pendaftaran sebagai ketua umum KONI Pasbar dimulai pada Rabu (28/4/2021)

Simpang Empat, Padangkita.com– Menjelang Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) membuka peluang untuk menjabat sebagai ketua umum masa bakti 2021-2025.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan, Noferiadi mengatakan, pendaftaran sebagai ketua umum KONI Pasbar dimulai pada Rabu (28/4/2021) hari ini.

Pendaftaran bertempat di Sekretariat Panitia Musorkablun di Komplek Taman Lathifa, Jalur 32, Jorong Kampung Cubadak, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman.

“Atau bisa menghubungi kontak person atas nama Naldi di Nomor 081374413707 atau Paet Lubis, di nomor 081363419444,” katanya.

Untuk persyaratan umum kata Noferiadi, calon harus berusia minimal 30 tahun yang dibuktikan dengan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pendidikan minimal SLTA/Sederajat, berdomisili di Ibu kota kabupaten apabila terpilih menjadi ketua umum.

Apabila calon berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS)/TNI/POLRI maka calon tidak terkait dengan jabatan struktural.

Termasuk jabatan publik sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 dan Pasal 56 Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007.

Selanjutnya, calon tidak rangkap jabatan sesuai Anggaran Dasar KONI pasal 22, dan mempunyai kemampuan manajerial, pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi olahraga.

Melampirkan dokumen pendukung, serta mampu menjadi pengayom dan pemersatu semua unsur masyarakat olahraga.

“Kita juga berharap nantinya calon yang maju mempunyai visi yang luas dalam membina olahraga prestasi,” jelasnya.

Mampu menjalin kerja sama dengan badan-badan usaha dan instansi terkait untuk menunjang pembinaan olahraga prestasi.

Selain itu, juga diharapkan mampu menggalang kerja sama dengan badan-badan keolahragaan tingkat regional dan dunia.

Serta yang terpenting adalah WNI, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, dan setia kepada pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

Berikut Syarat Administrasi Pendaftaran Ketua Umum KONI Pasbar

Sedangkan untuk persyaratan administrasinya, para calon ketua wajib membuat surat pernyataan bermaterai Rp10.000 yang menegaskan hal-hal sebagai berikut:

1. Kesediaan untuk mencalonkan diri sebagai ketua umum KONI Pasbar masa bakti 2021-2025
2. Kesediaan menyampaikan visi dan misi sebagai Calon Ketua Umum KONI Pasbar
3. Tidak Terikat Jabatan Publik atau Struktural
4. Bersedia Mematuhi, menaati dan menjalankan AD/ART KONI
5. Siap Mundur dari Jabatan Rangkap
6. Kesediaan dan kesiapan waktu sebagai ketua umum KONI
7. Tidak Pernah Menjabat Ketua Umum KONI selama dua periode

Calon juga harus membuat Daftar Riwayat Hidup dengan melampirkan Fotokopi KTP elektronik atau Surat Keterangan dari Disdukcapil Pasbar, Fotokopi Ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

Pasphoto berwarna terbaru, ukuran 4X6 sebanyak dua lembar dan ukuran 3X4 sebanyak satu lembar dan Surat Keterangan Dokter yang menyatakan berbadan sehat dari Puskesmas.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan, Noferiadi menyampaikan, untuk jadwal dan tahapannya adalah pengumuman yang dimulai tanggal 28 April 2021, pengambilan bahan atau berkas pendaftaran tanggal 28-30 April 2021.

Pengembalian bahan atau berkas pada tanggal 1-2 Mei 2021, verifikasi bahan atau berkas pendaftaran dilakukan tanggal 3 Mei 2021.

Setelah itu, dilanjutkan dengan masa perbaikan berkas atau bahan pendaftaran bagi calon yang berkasnya kurang lengkap yaitu pada tanggal 3-4 Mei 2021, pengembalian berkas pendaftaran perbaikan pada tanggal 4-5 Mei 2021.

Baca juga: Menunggak Pajak Puluhan Juta, Sejumlah Reklame Vivo di Pasbar Diturunkan

“Terakhir adalah penyampaian Bakal Calon Ketua Umum KONI Pasbar dalam rapat pleno untuk ditetapkan sebagai calon pada tanggal 5 Mei 2021 saat pelaksanaan Musorkablub itu berlangsung,” tutupnya. [rna]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler