Cara Unik Warga Siteba Sambut 1 Muharam, Ibu-ibu Lomba Malamang Bapak-bapak Marandang

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Warga Siteba, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, mengikuti lomba malamang (memasak lamang) dan marandang (memasak rendang/randang), menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah..

Kegiatan tersebut diadakan oleh pengurus Masjid Raya Al-Munawwarah, Jumat (29/7/2022). Uniknya, dalam lomba ini yang peserta malamang adalah kalangan ibu-ibu, sementara peserta marandang adalah laki-laki.

Ketua pelaksana kegiatan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H Masjid Raya Al-Munawarah, Johny Nurdin menjelaskan, kegiatan malamang bagi ibu-ibu dan marandang bagi bapak-bapak lebih untuk melestarikan kuliner khas dari Minangkabau.

“Peserta malamang dan marandang ini melibatkan 6 RW yang ada di sekitar Masjid Raya Al-Munawwarah, Siteba Padang. Kegiatan ini melibatkan kawula muda, yang bertujuan melestarikan masakan khas dari Minangkabau, dengan regenerasi cara memasak masakan ini,” ungkap Johni.

Ia juga menyebutkan, lomba malamang dan marandang ini, merupakan yang pertama kali diadakan di masjid tersebut, dan kemungkinan juga pertama kali diadakan masjid di Kota Padang.

“Menurut saya, lomba ini baru pertama kali diadakan oleh pengurus masjid yang ada di Kota Padang. Kalau lomba malamang dan marandang yang dibuat pemerintah tentu sudah banyak,” tambahnya.

Johny Nurdin memaparkan, lomba malamang dan marandang tidak mengutamakan untuk mencarai pemenang. Namun, utamanya untuk menciptakan kebersamaan antar-rukun warga yang ada di lingkungan Masjid Raya Al-Munawwarah, Siteba, Padang.

Baca juga: Persiapan ‘Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022’ Tuntas, Catat Jadwalnya

“Kita tidak mencari pemenang dalam lomba ini. Melainkan memupuk rasa kebersamaan warga saja,” kata dia. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist