Cara Unik Polisi Tindak Pelaku Balap Liar dan Tawuran Selama Ramadan di Padang

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Aksi balap liar yang berpotensi pada aksi tawuran kerap terjadi di sejumlah kawasan Kota Padang

Padang, Padangkita.com– Polresta Padang melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) akan memberikan penyuluhan terhadap remaja yang terlibat tawuran dan balap liar, sebelum diserahkan pada keluarga masing-masing.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Kompol Andi Parningotan Lorena mengatakan, ia belum mendata secara keseluruhan sepeda motor yang ditahan dalam aksi balap liar sejak awal bulan Ramadan 1442 Hijriah yang jatuh pada Selasa (13/4/2021) lalu.

Dia mengatakan, pihaknya akan mengidentifikasi kembali kendaraan yang diduga melakukan pelanggaran dan mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibmas).

“Jika hanya pelanggaran lalu lintas, maka hanya akan kami berikan surat bukti pelanggaran (tilang),” katanya.

Selain itu, langkah yang akan diambil oleh Polresta Padang terhadap remaja yang terlibat dalam aksi balap liar maupun tawuran adalah dengan diberikan penyuluhan oleh Satbinmas sebelum diserahkan ke orang tuanya mereka.

“Sejauh ini kami belum menemukan adanya senjata tajam (sajam), mereka hanya melakukan balap liar,” katanya.

Aksi balap liar yang berpotensi pada aksi tawuran kerap terjadi di sejumlah kawasan Kota Padang sejak awal bulan Ramadan. Terbaru, polisi mengamankan 34 remaja yang melakukan balap liar di kawasan Tugu Gempa, Jalan Diponegoro, Kecamatan Padang Barat pada Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Harga Bahan Pokok Berpeluang Naik, Ini yang Akan Dilakukan Pemko Padang

Selain itu, polisi juga menyita 10 ponsel dan 25 unit sepeda motor yang diduga terlibat dalam aksi tersebut. [rna]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler