Capai Target Partisipasi Pemilih 77,5 Persen, KPU Sumbar Pakai Influencer Media Sosial untuk Sosialisasi Pilkada ke Masyarakat

Berita Pilkada Sumbar dan Berita Sumbar terbaru: KPU Sumbar menargetkan jumlah partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 sebanyak 77,5 persen

Padang, Padangkita.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) menargetkan jumlah partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 sebanyak 77,5 persen. Untuk mencapai target tersebut, KPU Sumbar menggaet sejumlah influencer media sosial.

“Pasti tidak mudah mencapai target 77,5 persen,” ujar anggota KPU Sumbar, Gebril Daulai kepada awak media di sela-sela acara sosialisasi pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 di salah satu hotel di Kota Padang, Senin (21/9/2020).

Baca Juga

Dia menuturkan target jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada tahun ini lebih tinggi dibandingkan pada Pilkada sebelumnya. Pada pemilihan serentak 2015, misalnya, jumlah partisipasi pemilih saat itu adalah 59,58 persen.

Padahal, berbeda dengan Pilkada sebelumnya, Pilkada Serentak 2020 digelar dalam kondisi bencana Covid-19.

“Dengan modal dasar kita di pemilihan serentak 2015 hanya 59,58 persen, dan situasi dan kondisi saat ini di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Meski demikian, KPU Sumbar tetap berupaya agar target jumlah partisipasi pemilih 77,5 persen tersebut tercapai. Salah satunya dengan menggaet sejumlah “influencer” yang memiliki banyak pengikut di media sosial untuk melakukan sosialisasi Pilkada Serentak 2020.

“Kita sudah mengindentifikasi ‘influencer’, selebgram yang berpengaruh di Sumbar. Kemudian, kita diskusi dengan mereka, berkolaborasi, dan siap membantu mereka untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat,” terang Gebril.

Dia mencontohkan ‘influencer’ yang digaet KPU Sumbar tersebut yaitu Minanglipp dan Infosumbar. “Sejak awal sudah kita libatkan mulai dari penyusunan tema dan tagline. Jadi, tidak hanya di tengah tahapan,” sebutnya. [pkt]


Baca berita Pilkada Sumbar terbaru dan Berita Sumbar hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist